Jul 15, 2014

Tips Fokus Bekerja Saat Berpuasa Ramadhan



Puasa dibulan Ramadhan adalah ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan oleh seluruh umat muslim di dunia. Walaupun kamu berpuasa, tapi kamu harus tetap  bekerja seperti biasanya. Puasa bukan menjadi alasan untuk malas bekerja. Tetapi mungkin saja kamu merasa bahwa tenaga kamu akan sedikit berkurang. Kamu tentu tidak ingin memilih salah satunya untuk kamu jalani, kan? Tentunya kamu ingin agar kamu bisa melakukan kedua-duanya bisa berjalan lacar. Untuk itu, ikuti tips berikut yang akan membantu kamu untuk tetap focus bekerja pada saat kamu melakukan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.    

  • Selalu sahur tepat waktu


Makan sahur sangatlah penting dalam berpuasa. Dengan sahur, dapat menjadi bekal energi untuk berpuasa seharian. Untuk itu, usahakan agar bisa sahur setiap hari dan tepat waktu. Dan jangan lupa untuk memilih menu yang dapat membuat kenyang bertahan lama dan minumlah air putih yang cukup.

  • Jangan sampai tergoda makanan


Mungkin ada diantara kamu yang sudah biasa bekerja sambil ngemil. Ingatlah bahwa pada saat ini kamu sedang berpuasa, dan hindarilah dari snack yang biasanya selalu menemani kamu saat sedang bekerja. Sehingga kamu tidak akan tergoda dengan makanan dan minuman dan bisa fokus bekerja.   

  • Sesuaikan dengan waktu kerja yang baru


Biasanya di bulan Ramadhan waktu kerja kantor di Indonesia akan disesuaikan. Berangkatnya sedikit lebih siang dan pulangnya juga lebih awal. Dengan jam kerja yang baru ini kamu bisa menyesuaikan dengan jadwal harian kamu. Kamu tahu saatnya kamu harus berangkat dan pulang kerja, dan sesampainya di rumah kamu harus mempersiapkan menu makanan untuk berbuka.
Fokus Bekerja !!!
  • Saling menghargai


Di tempat kerja kamu mungkin ada diantaranya yang tidak berpuasa. Kamu harus bisa menyadari jika pada waktu istirahat, teman kamu makan siang sedangkan kamu berpuasa.  Kamu tidak perlu tersinggung, karena puasa merupakan hak pribadi seseorang yang tidak bisa dipaksakan.

  • Selalu menjaga etika


Jika ada sesuatu hal dalam pekerjaan kamu yang mungkin bersamaan dengan waktu kamu akan berbuka, maka kamu bisa menyampaikan atau minta waktu beberapa menit untuk berbuka dengan cara penyampaian yang baik. Sehingga kamu bisa tetap menjaga hubungan dengan teman-teman. 


Itulah beberapa tips untuk tetap fokus bekerja saat berpuasa, dan jadikan bekerja sebagai ibadah sehingga kamu akan semangat mejalani keduanya.