Jul 15, 2014

Cara Diet Sehat Selama Ramadhan



Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang mewajibkan seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Satu bulan penuh di bulan ini, seluruh umat muslim di dunia menahan diri dari rasa lapar dan dahaga, serta menahan diri dari perbuatan yang munkar yang dilarang oleh Allah SWT.   

Dengan berpuasa menahan hawa nafsu, termasuk juga nafsu terhadap rasa lapar dan haus dari waktu fajar sampai waktu senja, akan berpengaruh terhadap pola asupan nutrisi tubuh sepanjang hari. Makanan yang hanya terbatas pada kurun waktu pagi dan sore hari ini, menjadikan adanya penyesuaian dari metabolisme tubuh terhadap asupan makanan. Biasanya kamu akan merasa tidak nyaman pada saat pertama berpuasa, karena pada saat itu system dari tubuh akan melakukan penyesuaian atau beradaptasi terhadap pola makan yang berubah tidak seperti biasanya yang sekarang hanya dilakukan pada saat sahur dan berbuka saja. Dan selanjutnya tubuh kamu akan bisa beradaptasi dengan baik dengan keadaan ini dan kamu akan terbiasa. Jagalah kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang memenuhi gizi yang cukup pada saat sahur dan berbuka untuk mempertahankan kesehatan, sehingga kamu dapat dengan nyaman melakukan ibadah di bulan suci ini.
Berikut ini adalah tips diet sehat selama berpuasa di bulan Ramadhan !

Diet Selama Ramadhan



  • Aturlah jadwal makan selama bulan Ramadhan.


Buatlah jadwal makan seperti kamu jalani saat sebelum kamu berpuasa di bulan ini dengan waktu yang terbagi atas tiga kali makan.  Lakukan makan saat berbuka sebagai makan malam dan selepas sholat Isya’ makanlah sebagai snack yang mengisi malam kamu, dan saat sahur adalah saat makan yang diibaratkan sebagai sarapan pagi. Dengan demikian, pencernaan kamu akan terasa rileks dan tidak terkejut dengan pola makan yang berubah drastis. Dan jangan makan dengan terburu-buru saat berbuka, karena hal ini dapat mengganggu kesehatan pencernaan.     

  • Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks yang kaya serat.

Zat gizi ini dapat kamu temukan pada makanan biji-bijian, seperti beras merah, kacang, gandum, sayur-sayuran dan buah-buahan. Dengan serat makanan yang tinggi seperti yang terkandung dalam makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu dalam menjaga kestabilan glukosa darah dan membantu menetralkan kadar asam lambung. Karena saat berpuasa pada siang hari dapat meningkatkan kadar asam lambung, sehingga dapat menimbulkan rasa sakit    

  • Konsumsilah makanan yang terasa manis pada saat berbuka.

Akan lebih baik lagi jika makanan yang manis tersebut berasal dari makanan yang manisnya alami dari buah-buahan, seperti kurma atau jus buah lainnya yang hanya ditambahkan sedikit gula sebagai pemanisnya. Hal ini dilakukan adalah untuk menjaga kesehatan. Bagi yang menderita diabetes tidak akan terganggu kesehatannya dan bagi yang memiliki kadar gula normal, kadar gulanya akan tetap terjaga dengan baik. Sedangtkan snack yang rasa manisnya berlebihan saat berbuka bisa menghilangkan selera makan pada makanan yang lain.  

  • Jangan mengkonsumsi snack gorengan, karena makan makanan yang mengandung minyak berlebih dapat menjadi pemicu timbulnya beberapa penyakit.

Kamu bisa membuat variasi cara memasaknya dengan cara memanggang, merebus atau jika ingin memggorengnya cukup hanya dengan minyak yang sedikit saja.

  • Janganlah terburu-buru saat makan, baik saat berbuka maupun saat sahur.

Biasanya pada saat berbuka, kamu akan cenderung berkeinginan untuk menghabiskan makanan dalam jumlah besar sehingga makannya terburu-buru. Padahal karena keadaan perut yang tidak terisi seharian, seharusnya kamu makan dengan jumlah yang kecil terlebih dahulu agar perut tidak kaget. Dan makanlah dengan perlahan dan kunyahlah makanan dengan baik.  

  • Lakukanlah rutinitas berjalan selama kurang lebih 30 menit pada malam hari.

Ini adalah kegiatan yang ideal yang dapat membantu metabolisme tubuh dan membuat fikiran menjadi jernih. Jangan melakukan kegiatan ini setelah berbuka, tetapi tunggulah sekitar satu atau dua jam kemudian. Karena setelah makan aliran darah akan mengatur system pencernaan dalam tubuh kamu.




Demikanlah tips diet sehat selama berpuasa dalam bulan ramadhan, semoga bermanfaat bagi kamu dan bisa menjalankan ibadah puasa dengan hati yang tenang dan tubuh yang sehat.