Jun 29, 2014

Tips Menghilangkan Stres dalam 5 menit

Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya stress. Adakalanya stress muncul saat seseorang merasa terbebani dengan urusan uang, masalah pekerjaan yang tak kunjung selesai, atau masalah tentang hubungannya dengan sang pujaan hati.

Banyak cara untuk mengatasi stres, dan terkadang memerlukan waktu yang lebih lama. Tapi bagaimana cara mengatasi stress hanya dalam waktu 5 menit ? Berikut  adalah cara mengatasi stress dalam waktu 5 menit saja !

Stress


  • Jalan-jalan sebentar

Jalan-jalan disini bukan berarti harus melakukan liburan yang memerlukan waktu lama atau mengeluarkan biaya, tetapi hanya sekedar berjalan-jalan keluar ruangan sebentar untuk melihat suasana di luar dan merasakan hembusan angin agar hati kita merasa sedikit lega. Dengan bergerak, akan memberi perubahan pada rasa dan sekaligus membuat hati kita merasa tenang serta dapat menghilangkan stress.

  • Minum teh peppermint

Dari dulu sudah diketahui bahwa minum teh hangat akan memberikan ketenangan pada diri kita. Untuk itu jika kamu merasa stress, cobalah untuk minum teh hangat dan kamu juga bisa menambahkan peppermint. Karena menurut penelitian yang dilakukan oleh NASA, dengan menghirup peppermint dapat membuat kelelahan dan kecemasan seseorang menjadi reda sampai 20%, dan juga dapat meredakan frustasi sampai 25%. Sehingga dengan minum teh peppermint ini niscaya akan menghilangkan stress.

  • Lakukan yoga sebentar

Yoga memang memerlukan waktu yang agak lama, tapi kamu bisa melakukan yoga ini 5 menit saja di rumah. Dengan posisi dan postur yoga yang tepat dapat membantu kamu lebih berenergi dan rilex sehingga rasa capek dan stress dapat hilang dari fikiran kamu.

  • Telepon atau bicara dengan orang terdekat

Saat kamu sendirian, maka tingkat stress akan memuncak. Karena dengan sendirian tidak ada orang yang dijadikan tempat curhat, dan kamu bisa berbicara dengan orang terdekat kamu misalnya bicara dengan sahabat atau mungkin dengan ibu kamu.  Berdasarkan penelitian, telah ditemukan bahwa dengan mendengarkan suara ibu dapat membantu seseorang dalam melepaskan hormone oxytocin yaitu hormone yang bisa menghalau stress. Jadi, jika kamu sendirian dan merasakan stress, kamu bisa menelfon ibu atau sahabat kamu, niscaya dalam lima menit kamu tidak akan merasa stress lagi.

  • Melakukan sedikit gerak saat di meja kerja

Bekerja dan duduk seharian di meja kerja biasanya akan membuat kita merasa stress. Dan posisi duduk yang monoton biasanya akan membuat leher, punggung, dan pinggang terasa sakit, dan rasa sakit ini bisa menjadi pemicu stress. Jika hal ini terjadi pada kamu, maka yang harus kamu lakukan adalah dengan merenggangkan tubuh di meja kerja. Dengan cara ini akan membantu kamu merasa lebih segar dan tubuh akan terasa lebih ringan.



Demikianlah sobat, itulah 5 cara mudah dalam menghalau stress dalam waktu 5 menit.  Tertarik untuk mencobanya ?