Jun 5, 2014

Refreshing dan Menikmati Keindahan Pulau Moyo


Mungkin banyak diantara kamu yang baru mendengar nama Pulau Moyo. Pulau ini memang belum terlalu dikenal di Indonesia, tapi Pulau Moyo ternyata popular dikalangan wisatawan asing. Pulau Moyo berada pada 2,5 kilometer dari Pulau Sumbawa dan masuk dalam provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo pernah dikunjungi oleh tokoh-tokoh ternama dunia. Diantaranya adalah almarhumah Lady Diana bersama putranya Pangeran William, mantan kipper Manchester United Edwin Van Der Sar, dan artis Mick Jagger. 

Pulau Moyo dengan luas pulau sekitar 350 kilimeter persegi dan panjang garis pantai 88 kilometer tersebut akan menyita waktu yang sangat lama jika kamu berpetualang ke seluruh pulau. Pulau Moyo telah ditetapkan menjadi taman wisata alam laut pada 24 Desember 1986.


Pulau Moyo


Jika kamu ingin pergi ke pulau Moyo, kamu dapat memilih 2 jalur.  Jalur pertama adalah menggunakan jalur darat. Kamu dapat menyewa mobil selama dua jam dari kota Mataram menuju ke Pelabuhan Kayangan Lombok. Setelah itu, teruskan perjalanan kamu menyeberangi Pelabuhan Poto Nano Sumbawa Barat. Lama perjalanannya sekitar 1 atau 2 jam, dan lanjutkan kembali perjalanan menggunakan jalur darat menuju ke Sumbawa Barat, untuk lama perjalanannya sekitar dua jam.

Jalur yang kedua adalah lewat jalur udara. Pada jalur Mataram – Sumbawa Besar telah disediakan maskapai penerbangan dengan rute jarak dekat. Menggunakan pesawat Fokker 50, yaitu pesawat yang berukuran kecil, dan penerbangan pada jalur ini hanya disediakan pada hari Selasa dan Jum”at saja. Dengan pesawat ini, perjalanan dari Mataram menuju Sumbawa Besar memakan waktu 30 menit saja.

Dan jika kamu sudah sampai di Sumbawa Besar, kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu ke Pulau Moyo melewati perairan dengan menaiki kapal motor yang telah disediakan masyarakat setempat sebagai media penyeberangan ke Pulau Moyo. Tapi kapal motor ini hanya berangkat 2 kali pada setiap harinya, yaitu pada pukul 09.00 dan pukul 11.30. Kamu harus cari tahu informasi tentang jadwal keberangkatan kapal ini terlebih dahulu. Karena kalau kamu sampai ketinggalan kapal, maka kamu harus menunggu kedatangannya pada esok harinya. Kamu akan mengarungi lautan ini dalam waktu sekitar 2 jam, dan ongkos yang harus kamu bayar adalah sekitar Rp. 20.000,- sampai Rp. 25.000,- per orang.


Jika kapal motor sudah selesai dalam tugasnya mengantarkan kamu ke pulau Moyo, maka kapal tersebut akan segera kembali ke Sumbawa Besar. Itu artinya kamu harus menginap di Pulau Moyo sambil menunggu kedatangan kapal motor pada esok harinya. Tapi bila kamu tidak berniat untuk menginap di Pulau Moyo, kamu bisa juga menyewa perahu motornya penduduk setempat dengan tarif Rp. 400.000,- hingga Rp.600.000,-. Atau bisa juga menyewa speedboat milik operator transportasi laut swasta dengan tarif Rp. 3.000.000,-. Dengan speedboat ini, kamu hanya membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk menyeberang dari Pulau Moyo menuju Sumbawa Besar. Kamu dapat juga meminta pengemudi speed boat untuk mengantarkan mengarungi lautan penuh. Untuk meringankan biaya transportasi, kamu bisa patungan dengan 4 atau 5 orang dan membentuk rombongan wisata.