Jun 21, 2014

Sebuah Pelajaran Hidup dari Seekor Burung


Dunia dan seisinya memang begitu luas, dan bukan tanpa maksud Tuhan menciptakan segala hal di dunia ini. Segala yang ada di dunia ini diciptakan Tuhan sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran yang luar biasa bagi umat manusia. Apabila kamu mau meresapi, sangat banyak hikmah yang dapat kamu pelajari dari lingkungan sekitar ini. Namun terkadang kita jarang memikirkannya atau bahkan tidak pernah sama sekali karena terlalu sibuk dengan urusan yang bagi kita begitu penting. Padahal dengan sedikit renungan tersebut kita bisa lebih bersyukur tentang apa yang telah diberikan Tuhan untuk kita sekaligus memperbaiki diri. Salah satu hal yang mudah kita temui ialah burung. Ternyata jika direnungi, ada beberapa hal beharga yang dapat kita cermati tentang kehidupan seekor burung dan dihubungkan dalam kehidupan kita.

Inilah beberapa hal yang dapat kita pelajari dari kehidupan seekor burung jika dihubungkan dengan kehidupan kita(manusia) !

  • Ketika burung lahir


Manusia tidak ubahnya seperti halnya seekor burung yang lahir dengan beragam bentuk dan ukuran, lahir dengan membawa kekhasan masing-masing, kemampuan, serta kekurangan. Berterima kasihlah pada Tuhan, dikarenakan tak ada manusia yang sama di bumi ini. Coba bayangkan akankah begitu membosankannya dan anehnya apabila manusia lahir tanpa sebuah perbedaan.

  • Burung bermigrasi


Dalam saat-saat yang spesifik, kawanan burung biasanya akan terbang menuju ke tempat lain dikarenakan banyak hal, umpamanya karrena cuaca yang makin buruk atau makanan yang makin susah ditemukan. Mereka biasa akan pergi mencari tempat yang lebih bagus demi bertahan hidup. Inspirasi yang dapat kita petik, bahwa jadilah seseorang yang flexibel dan berani untuk melakukan perubahan saat apa yang kamu kerjakan masih tidak berhasil atau belum sukses seperti seharusnya.

  • Burung terbang dalam kawanan besar


Umumnya, burung selalu terbang bersama dengan kawanannya sambil beriringan sampai tujuan. Hal ini bisa membantu mereka untuk menghindari predator dan bisa menghemat energi. Begitu juga dengan manusia, apabila manusia melakukan pekerjaan dengan tim yang serasi akan lebih efisien, tetapi saat seseorang memilih untuk bekerja secara sendirian, dia cenderung gampang dikalahkan dan mudah gagal, ataupun kalau berhasil tidak bisa semudah dan sesukses dengan tim.


Burung

  • Burung menjaga keseimbangan saat terbang


Burung dapat menjaga keseimbangan saat ada tiupan angin yang kurang bersahabat. Mereka dapat juga berdiri cuma dengan satu kaki. Kalau kita hubungkan, hidup ini penuh dengan peristiwa yang akan menjadikan kita terasa tertekan, tetapi saat mental dan fisik masih seimbang, hidup masih cukup mudah untuk dijalani. Jadi bersyukurlah apabila kamu saat ini dalam kondisi yang baik. 

  • Burung tak peduli saat ada yang melihatnya


Kamu pastinya pernah melihat banyak burung bertengger ataupun beterbangan kesana kemari tanpa merisaukan siapa saja yang melihatnya, mereka melakukan apa yang mereka perlukan dan apa yang mereka inginkan. Kamu bisa mempelajari hal ini, kamu bisa mengurangi rasa cemas kamu pada apa yang dipikirkan orang lain mengenai dirimu. Jangan pernah melakukan apa yang telah orang lain katakan benar, walau sebenarnya hati kamu menampiknya. Ini karena setiap orang mempunyai masalah masing-masing. Jika kita ambil dari lirik sebuah lagu peterpan - melawan dunia, bahwa "tak perlu dengar kata mereka teruslah berjalan...!!!"

  • Burung mempunyai sarang yang dibuatnya sendiri


Burung membuat sarangnya sendiri, tempat yang akan menjadi tempat tinggalnya dan tempat pulang saat matahari tidak bercahaya lagi. Umumnya setiap manusia juga begitu, perlu tempat untuk pulang, perlu tempat untuk istirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Sebenarnya, bukanlah bangunan yang perlu kita pahat mulai dari sekarang, tetapi awalilah dulu untuk membangun ruang kedamaian hati yang mesti kita punyai, jika suatu saat kamu terasa capek, peluklah diri kamu sendiri dan bawalah jiwa kamu untuk beristirahat sesaat.  

  • Burung mengepakkan sayap lalu melebarkannya dan terbang tinggi


Lihatlah bagaimana ketika seekor burung sudah mulai mengepakkan sayapnya kemudian dia terbang, lalu akan makin memperlebar sayapnya saat menggapai ketinggian. Kita mungkin sering membatasi diri pada pandangan hidup ataupun potensi kita, atau mungkin semakin banyak terbebani dengan tuntutan kehidupan. Ini semua adalah hidu, nasib memang saja ada di genggaman kita masing-masing. Takut terjatuh memang wajar, namun saat terjatuh kamu akan bisa lebih cemerlanf lagi untuk terbang, dikarenakan kamu tahu tentang apa saja yang menjadikanmu terjatuh.




Semoga artikel ini bisa menjadi bahan renungan untuk kita semua. Ha yang dapat kita petik adalah bahwa burung sekecil itu memiliki tekad yang kuat untuk berjuang dalam kehidupan, maka kita sebagai manusia juga harus lebih hebat.