Jun 29, 2014

Menikmati Pesona Keindahan Pantai Papuma

Remaja Indonesia


Pantai Papuma merupakan salah satu objek wisata yang ada di Jawa Timur dan memiliki keunikan tersendiri. Pantai Papuma berada di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupater Jember, Propinsi Jawa Timur. Jarak dari kota Jember ke pantai ini sekitar 45 km. Pantai ini terkenal karena keindahannya, dengan gugusan batu karang yang berada di tengah laut menjadikan pantai ini lebih unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Pantai ini bersuhu antara 25 sampai 32 derajat celcius.

Terdapat batu karang yang tinggi di lepas pantai yang diberi nama Siti Hinggil yang dalam bahasa Jawa artinya adalah dataran tinggi. Dari Siti Hinggil yang tingginya lebih dari 50 meter diatas permukaan laut ini, kamu bisa menyaksikan keindahan laut lepas dengan menyewa perahu milik nelayan. Dari Siti Hinggil kamu dapat melihat panorama objek wisata Gua Lawa yang dalam bahasa Jawa artinya adalah gua kelelawar. Gua Lawa dengan kedalaman lebih dari 30 meter di bawah permukaan laut ini hanya dapat dicapai jika air laut sedang surut. Menurut cerita yang beredar, Gua Lawa adalah tempat untuk bertapa Kyai Mataram.

Selain pemandangan yang mempesona karena karang-karang yang berjajar, pantai ini lebih menawan dengan pasir putihnya dan saat sunset (matahari terbenam). Kemudian yang perlu dicatat bahwa disekeliling pantai ini terdapat hutan tropis cagar alam yang biasanya digunakan untuk larung sesaji dan Pekan Raya yang diadakan setiap tanggal 1 – 10 Syawal setiap tahunnya.

Sebagai tempat wisata, Pantai Papuma dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk membuat merasa nyaman. Fasilitas tersebut antara lain adalah taman bermain, tempat parkir, tempat untuk berkemah, MCK, musholla, warung makan dan minum, kantor pengelola, dan souvenir. Jika kamu ingin lebih lama menikmati suasana pantai yang indah ini, kamu juga bisa menyewa penginapan yang sudah disediakan di area pantai ini.    

Pantai Papuma



Akses menuju Pantai Papuma

Akses jalan yang bisa ditempuh menuju Pantai Papuma sudah baik dan beraspal. Dengan jalan ini kamu bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil atau motor.  Jika kamu menyewa mobil, kamu akan dikenakan tarif Rp. 150.000,-.



Promosi Kerajinan Khas Jember

Pengunjung Pantai Papuma yang banyak dapat dijadikan sarana untuk memperkenalkan makanan tradisional Jember dan hasil kerajinan masyarakatnya. Perhutani sebagai pemilik daerah wisata ini dapat mengelola dan mendapatkan suatu keuntungan pendapatan melalui penjualan dan tarif penginapan.

Pantai Papuma yang luasnya sekitar 50 hektar ini, gelombang ombaknya tidak terlalu besar sehingga tidak berbahaya bagi anak-anak untuk bermain di sekitar pantai yang berpasir putih tersebut. Di pantai ini juga terdapat monyet-monyet hutan liar yang berkeliaran di sekitar hutan.


Pesona Papuma Lainnya

Sisi lain kawasan Pantai Papuma juga terdapat hamparan pantai batu-batu kerikil. Di atas bukit yang berada di atas pantai berkerikil ini terdapat sebuah gubug yang digunakan pengunjung untuk menikmati indahnya pemandangan Laut Selatan. Sangat disayangkan, potensi pantai ini belum diolah secara optimal. Padahal jika perhutani bisa menggali potensinya akan menghasilkan keuntungan yang melimpah.    



Pantai Papuma memang sangat indah. Jadi, sempatkanlah untuk pergi ke pantai ini dan nikmati pesonanya.