Jun 6, 2014

Mengunjungi The Great Wall of Koto Gadang

Remaja Indonesia


China terkenal dengan The Great Wall of China. Suatu tembok besar dan memanjang yang menjadi sejarah benteng pertahanan rakyat China melawan penjajah, dan merupakan salah satu keajaiban dunia. Jika kamu punya hasrat ingin pergi ke sana, pasti akan membutuhkan biaya yang sangat besar. Tidak perlu jauh-jauh ke China, di Indonesia juga ada tembok besar seperti itu, meskipun tidak sama persis. Saat kamu menginjakkan kaki kamu di tempat itu, pasti kamu akan merasakan seperti di China.  Tembok ini berada di Bukit Tinggi, Sumatra Barat. Pada zaman dulu, tembok ini dikenal dengan sebutan Paris Van Sumatra atau Fort de Kock. Sekarang di kenal dengan sebutan Jajang Koto Gadang.

Jika kamu berlibur ke Sumatra Barat, jangan lupa untuk berkunjung ke Jajang Koto Gadang. Tempat ini tak kalah menariknya dengan tempat-tempat wisata yang lain. Udaranya sangat sejuk dan tempatnya sangat asri. Pasti kamu akan betah berada di sana. Menurut penduduk setempat, Koto Gadang belum terlalu dikenal wisatawan, karena tempat ini baru diresmikan pada bulan Januari 2013 oleh Menkominfo Tifatul Senbiring dan dibuka pada bulan Februari 2013. Panjang Jajang Koto Gadang adalah 1,5 kilometer.

The Great Wall of Koto Gadang


Untuk menuju kesana, dari Bukit Tinggi kamu harus melewati jalanan menurun sejauh 500 meter menuju jembatan sebagai pintu masuk Jajang. Kamu harus menaiki satu persatu anak tangga ke atas menuju Koto Gadang. Begitu sampai di atas, kamu akan melihat indahnya pemandangan Ngarai Sianok. Dari Jajang Koto Gadang, cobalah untuk turun lewat jembatan gantung. Tapi jembatan gantung ini hanya boleh dilewati oleh maksimal sepuluh orang. Jika sudah sampai di atas ngarai Sianok, kamu akan tepat berada di pinu masuk Lubang Jepang. Dan kamu bisa melanjutkan perjalanan kamu sampai di pintu masuk Goa Jepang, yang jaraknya cukup jauh dan akan ditempuh dengan waktu sekitar 40 menit. 

Sebenarnya Jajang Koto Gadang merupakan jalur penduduk desa setempat menuju ke desa lainnya. Dahulu, anak tangga di Jajang Koto Gadang terbuat dari bambu. Jajang Koto Gadang yang memiliki banyak anak tangga ini, dahulu digunakan penduduk untuk menyusuri tebing sampai Ngarai Sianok menuju kota Bukit Tinggi. Tapi sekarang jalur ini sudah jarang di gunakan, karena sudah ada kendaraan yang lebih nyaman.

Saat kamu kelelahan karena melewati anak tangga dan tebing yang berkelok-kelok, kamu dapat melepaskan lelah di warung-warung di dekat ngarai yang menyediakan makanan khas daerah Bukit Tinggi. Kamu juga dapat menikmati keindahan pemandangan alam sekitar Jajang yaitu Gunung Singgalang dan Gunung Merapi. Tidak hanya itu, di sekitar Jajang juga terdapat hampran pepohonan yang luas dengan aneka satwa didalamnya. Jika kamu ingin lebih lama berlibur di sana, kamu bisa mendirikan tenda sebagai tempat untuk bermalam karena di tempat ini tidak disediakan penginapan.


Sekarang kamu sudah mengetahui informasi tentang keindahan Jajang Koto Gadang. Bagaimana sudah terbayang keindahannya bukan ? Pasti seru jika suatu saat kamu kesana.