Jun 18, 2014

Mari Melindungi Kulit dari Polutan yang Berbahaya


Panasnya sinar matahari yang langsung mengenai kulit dapat mengakibatkan kulit mengalami penuaan dini dan juga dapat merangsang menyebarnya sel kanker kulit.  Walaupun demikian, bagi perempuan yang beraktivitas di luar ruangan, mau tidak mau resiko ini harus tetap diambil. Apalagi di Indonesia merupakan negara tropis, sangatlah besar resikonya untuk terpapar sinar matahari setiap harinya.

Ada sejumlah kajian yang selalu membahas mengenai perawatan kulit yang menyarankan untuk selalu mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya dengan SPF minimal 15. Tabir surya ini mampu melindungi kulit dari radiasi sinar ultra violet (UV). Tetapi sayang, dari berbagai produk sunscreen yang telah beredar di pasaran, ternyata hanya sedikit yang mengandung formula yang dapat melindungi kulit dari UVA dan UVB sekaligus dalam satu produk.

Radiasi sinar UVA yang bercampur polusi udara dapat membuat kulit tampak kusam sehingga akan membuatnya tampak lebih tua. Jangan sepelekan masalah ini, karena semakin bertambah usia seseorang, maka semakin berkurang juga kekebalan tubuh dalam menangkal radikal bebas. 

Pada kulit yang sering terekspos polutan udara akan mudah kehilangan sel-sel oksigen sehingga hal ini bisa membuat tekstur kulit wajah terlihat kusam, kotor, dan akibatnya wajah kamu tidak menarik lagi. Kulit yang terkena radiasi sinar UVA akan terhambat produksi kolagen alamiahnya, sehingga kadar elastisitas dari kulit itu sendiri akan menurun. Sehingga kulit kamu akan tampak berkerut dan keriput hingga kamu akan tampak lebih tua walaupun sebenarnya usia kamu masih muda.

Lindungi Kulit dari Polutan


Agar kamu bisa mengembalikan kulit agar selalu tampak lebih segar dan sehat, maka kamu harus rajin melakukan perawatan kulit dengan cara membersihkan wajah menggunakan sabun yang mengandung karbon aktif. Karbon aktif yang terkandung dalam sabun berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit yang tersumbat polutan. Disamping itu karbon aktif juga berfungsi untuk menyegarkan kulit wajah sehingga penampilan kamu akan lebih mempesona. Karbon aktif mampu menyerap kotoran sehingga karbon aktif mampu mengikat logam berat, gas, serta substansi kimia yang berbahaya lainnya.

Namun, jika kamu khawatir dengan resiko bahan kimia, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang digunakan untuk perawatan wajah. Pastinya sudah sering kita bahas dalam blog ini mengenai bahan-bahan tersebut. Misalnya saja kamu bisa menggunakan masker ataupun pencuci wajah alami dengan campuran jeruk nipis.

Semakin hari semakin banyak efek yang timbul akibat polutan, maka dari itu demi menjaga kecantikannmu kamu perlu berhati-hati. Semoga tulisan ini bermanfaat !