Jun 8, 2014

Manfaat "Tidak" Mengkonsumsi Nasi Putih sebagai Makanan Pokok


Nasi putih memang menjadi makanan pokok orang Indonesia. Memakan nasi biasa akan membuat tubuh terasa kenyang dan perut bisa lebih lega rasanya. Juga ada ungkapan yang mengatakan bahwa jika ada seseorang dalam sehari belum makan nasi, maka masih dianggap belum makan. 

Namun, menurut beberapa riset yang sudah dilakukan, ternyata nasi putih memiliki kandungan gula di dalamnya. Sehingga dengan memakan nasi yang terlalu berlebihan  dapat mengakibatkan kegemukan. Karena itulah kenapa ada manfaat juga bila tak menggunakan nasi sebagai makanan pokok. 

Memangnya apa saja sih keuntungan tak makan nasi bagi kesehatan tubuh?  Simak penjelasan selengkapnya, seperti yang dilansir dari merdeka.com !

  • Mengurangi berat badan 

Mengurangi konsumsi nasi putih dianjurkan untuk kamu yang sedang menjalani program diet. Karena nasi putih memiliki banyak kandungan karbohidrat yang tak baik untuk program diet yang sedang kamu lakukan. 

  • Mengurangi nafsu makan 

Tahukah kamu bahwasanya nasi putih dapat meningkatkan nafsu makan ? Hal semacam ini dikarenakan nasi putih memiliki banyak kandungan karbohidrat dan kandungan pati yang dapat menjadikan seseorang selalu ingin makan. Maka dari itu, apabila kamu tak makan nasi putih sebagai makanan pokok, maka nafsu makan juga bisa menurun. 


Nasi Putih

  • Mengurangi sembelit 

Dibanding dengan nasi merah ataupun nasi cokelat, nyatanya nasi putih mempunyai kandungan serat yang terendah. Sehingga mengurangi makan nasi putih dengan jumlah yang sedikit bisa mencegah kamu dari sembelit. 

  • Menjaga kadar gula darah 

Tak makan nasi putih ternyata bisa menjaga tingkat gula darah supaya lebih normal. Ini karena apabila seseorang terlampau banyak memakan nasi putih dapat mengakibatkan kandungan gula darah menjadi semakin melonjak. Maka dari itu, dengan mengurangi makan nasi putih bisa melakukan pencegahan terhadap penyakit diabetes. 




Demikianlah beberapa dampak negatif mengonsumsi nasi putih untuk kesehatan. Maka dari itu, mungkin sekali-sekali sebaiknya kamu mengganti menu makanan pokok dengan memakan nasi merah ataupun nasi cokelat sebagai pengganti nasi putih yang bisa menjadikan tubuh kamu agar lebih sehat.