Jun 28, 2014

Liburan ke Grojogan Sewu Tawangmangu

Remaja Indonesia


Tawang mangu adalah salah satu daerah wisata favorit yang ada di Solo atau Surakarta yang berada di sisi barat lereng Gunung Lawu /Gunung Sewu.  Tawang mangu yang merupakan nama sebuah kecamatan di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah ini menyimpan sejuta misteri dan pesona alam yang luar biasa. Dengan udara yang sejuk daerah pegunungan, Tawangmangu sangat cocok sebagai tempat berwisata bersama keluarga, teman, atau bersama sang kekasih.   

Tawangmangu yang menjadikan Grojogan Sewu sebagai tempat wisata sudah dikenal masyarakat Solo sejak zaman penjajahan Belanda. Tawangmangu yang berada disebelah kiri kota Solo berjarak 37 km ini, dapat ditempuh dalam waktu 1 sampai 1,5 jam. Kalau kamu menggunakan kendaraan umum, dari terminal Tirtonadi kamu bisa naik bus jurusan Tawangmangu, kemudian dari terminal Tawangmangu kamu bisa berjalan kaki atau naik angkutan lagi menuju gerbang Grojogan Sewu. Dalam perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam ini, kamu bisa menikmati panorama alam daerah pertanian Karanganyar yang asri dan damai.     
Di Tawangmangu bukan hanya terkenal dengan Grojogan Sewu nya saja, tapi juga terkenal dengan produksi buah-buahan dan sayur-sayurannya. Penduduk Tawangmangu banyak mengolah perkebunan yang ditanami strawberry, wortel, sawi, lobak, dan banyak lagi hasil bumi yang lainnya.

Grojogan Sewu berasal dari bahasa Jawa yang artinya adalah Air Terjun Seribu ini terletak di kawasan hutan lindung yang luasnya 20 hektar. Air Terjun Grojogan Sewu tingginya 81 meter, dan di sekitar air terjun ini telah disediakan fasilitas untuk arung jeram (rafting) mini, arena memancing, flying fox, out bond, taman lalu lintas, playground, dan kereta pohon.

Hutan Lindung dan Grojogan Sewu merupakan kerajaan kera sehingga banyak sekali kera-kera liar di Hutan Lindung yang berkeliaran pada pepohonan.


Grojogan Sewu Tawangmangu


Akses menuju Tawangmangu

Supaya akses ke Tawangmangu lebih mudah, pemerintah daerah setempat telah memperbaiki jalur transportasi yaitu membangun jalan baru lintas propinsi, dari Tawangmangu, Jawa Tengah menuju Magetan, Jawa Timur dan melakukan berbagai perawatan jalan.


Renovasi pasar untuk Pasar Wisata

Untuk meningkatkan daya tarik terhadap Tawangmangu dan Grojogan Sewu, pemerintah setempat telah mengadakan renovasi total terhadap pasar Tawangmangu yang berada di terminal Tawangmangu. Dari pasar tradisional yang dulunya tampak kumuh dan tidak menarik, sekarang pasar ini telah disulap menjadi pasar yang megah dan menjadi Pasar Wisata Tawangmangu. Dan di pasar ini kamu bisa membeli souvenir khas Tawangmangu, bermacam-macam sayuran dan buah-buahan segar hasil bumi masyarakat Tawangmangu.  

Di Tawangmangu kamu yang hobby mendaki gunung juga bisa melakukan pendakian ke puncak Gunung Lawu dari Pos Cemorokandang. Selain itu, kamu juga bisa singgah ke tempat wisata yang lain karena Tawangmangu merupakan kawasan wisata terpadu yang berdekatan dengan tempat wisata Air Terjun Pringgodani, Bumi Perkemahan, Puncak lawu, dan sentra tanaman hias di desa Nglurah. Selagi kamu berada di kawasan ini, kamu juga bisa melanjutkan untuk berwisata ke Telaga Sarangan di Magetan, Jawa Timur yang berada disebelah timur Gunung Lawu.


Sate Kelinci khas Tawangmangu

Sate kelinci adalah makanan khas Tawangmangu. Dengan dagingnya yang berserat halus dan dipadu sambal kacang dengan irisan bawang merah dan cabe serta disajikan bersama lontong, sate kelinci menjadi menu yang lezat untuk dinikmati. Apalagi daging kelinci diketahui rendah kolesterol dan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Di dalam daging kelinci terkandung senyawa kitotefin, yang jika senyawa ini dipadukan bersama omega 3 dan omega 9 maka bisa dijadikan sebagai obat asma. Selain itu, masyarakat juga meyakini kalau daging kelinci dapat menurunkan kadar gula dan otak kelinci bisa menjadi penyubur kandungan.


Jadwal waktu buka Tawangmangu:

  • Hari Senin sampai hari Minggu pukul 08.00 – 16.00 WIB
  • Hari libur Idul Fitri, pukul 06.00 – 18.00 WIB


Harga Tiket  Tawangmangu

  • Pelajar                                          : Rp. 9.000,-
  • Pengunjung domestik                   : Rp 18.000,-
  • Pengunjung mancanegara           : Rp 18.000,-