Jun 8, 2014

Khasiat Daun Mint untuk Kecantikan


Kalau mendengar istilah “mint” pastinya akan erat hubungannya dengan makanan atau produk-produk lainnya yang biasa memberikan kesan segar. Pada permen rasa mint misalnya, permen mint biasa kita konsumsi agar membuat nafas menjadi lebih segar dan tentunya bisa mengharumkan bau nafas.

Daun mint juga biasa kita kenal digunakan sebagai bahan penyedap rasa pada makanan. Tapi tahukah kamu kalau daun mint ini juga bermanfaat untuk perawatan tubuh?  Ada beberapa produk yang mengandung daun mint untuk perawatan tubuh, diantaranya adalah pasta gigi dan sampo.

Berikut ini adalah manfaat daun mint untuk kecantikan :
  • Menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut sangat menyebalkan sekali, disamping menimbulkan rasa gatal yang tentunya juga akan merusak kulit kepala, rambut kamu juga akan cepat kotor, dan hal ini sangat memalukan. Untuk menyingkirkan kutu rambut ini, kamu bisa menggunakan minyak mint, yaitu dengan cara mengoleskan minyak mint pada kulit kepala sambil memijatnya perlahan agar minyak mint ini meresap. Kamu dapat melakukan perawatan ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

  • Sebagai anti inflamasi

Kamu bisa menggunakan daun mint dengan cara menggosokkannya ke kulit untuk mencegah iritasi dan melembutkan kulit kamu, serta dapat menghilangkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

Daun Mint


  • Obat jerawat

Daun mint ternyata juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Caranya, buatlah jus daun mint dan campurkan dengan jus bunga mawar.  Setelah itu gunakan sebagai masker, kemudian sialhkan diamkan kurang lebih 20 menit lalu bilas sampai bersih.

  • Mencerahkan kembali bekas jerawat

Biasanya setiap remaja yang mengalami masa pubertas, akan disertai dengan timbulnya jerawat di wajah. Masalahnya, tidak semua jerawat dapat hilang dengan bersih, dan taburan bekas jerawat pada wajah akan membuat remaja terutama perempuan, akan merasa minder. Ternyata ada cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat ini dan kulit kamu akan kembali cerah seperti sedia kala, yaitu dengan menggunakan daun mint. Caranya, buatlah jus daun mint dan campurkan dengan oat, lalu kamu oleskan di area wajah, gunakan sebagai masker. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk menyamarkan bekas jerawat. Masker ini juga dapat menyingkirkan sel-sel mati yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

  • Menghilangkan komedo

Komedo yang hadir di wajah tentunya juga sangat mengganggu penampilan. Untuk menghilangkan komedo ini, kamu bisa menggunakan daun mint. Caranya, ambil daun mint lalu haluskan kemudian tempelkan di bagian wajah yang berkomedo. Biarkan selama kurang lebih seperempat jam, lalu bilas hingga bersih.



Itulah beberapa khasiat atau manfaat alami yang didapatkan dari daun mint untuk kecantikan. Hal ini menjadi salah satu bukti serta motivasi bagi kita, bahwa kita tidak harus menggunakan produk kimia untuk mempercantik diri, namun juga bisa menggunakan bahan-bahan alami. Dan salah satu bahan alami itu adalah daun mint.