Jun 16, 2014

Fungsi Vitamin B12 bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit



Kulit adalah salah satu indera manusia yang memiliki fungsi sebagai alat peraba. Disisi lain, kulit menjadi bagian tubuh yang sangat penting untuk menentukan penampilan seseorang. Kita tahu bahwa setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda. Perbedaan itu dapat kita lihat mulai dari warna kulitnya sampai dengan kasar atau halusnya kulit tersebut.  

Kulit juga membutuhkan beberapa asupan untuk menjaga kesehatannya. Salah satu asupan itu adalah vitamin B12. Vitamin B12 yang lebih dikenal dengan sebutan kobalamin ternyata banyak terdapat pada bahan makanan yang berasal dari daging binatang. Vitamin B12 berfungsi untuk berbagai proses dari dalam tubuh serta penting dalam pembentukan energy dalam tubuh. Disamping itu, ternyata vitamin B12 dapat juga untuk menjaga kesehatan kulit. 
 
Berikut ini adalah beberapa manfaat vitamin B12 untuk kesehatan kulit, seperti yang telah kita lansir dari stylecraze.

  • Mencegah kulit kering

Jika kamu sering mengalami kulit yang kering, maka kamu dapat mencegahnya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12.  Karena vitamin B12 berfungsi untuk menjaga kelembaban kulit sehingga dapat mencegah kulit kering.

  • Mencegah kulit kusam

Bila kulit kamu tampak kusam dan kamu sudah mencoba untuk mengobatinya dengan bermacam-macam produk kecantikan dan ternyata tidak berhasil juga, itu mungkin saja karena kamu kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu, sebaiknya kamu harus mencari solusinya yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12.


Vitamin B12

  • Memulihkan kulit

Vitamin B12 bisa mencegah serta mengobati Eczema. Vitamin B12 juga dapat mencegah hyperpigmentation yang bisa menyebabkan kulit menjadi gelap.

  • Menjaga kulit agar awet muda

Vitamin B12 dapat menjaga kelembaban kulit dan juga dapat menjaga agar kulit tampak tetap muda. Karena biasanya orang yang kekurangan vitamin B12 akan muncul garis-garis halus pada kulit dan kulit akan tampak keriput .

  • Berpengaruh pada warna kulit

Vitamin B12 dapat mengontrol formasi dan masa hidup sel sehingga sangat berpengaruh pada proses pewarnaan kulit. Warna kulit yang tampak terlalu pucat adalah tanda dari sirkulasi sel yang buruk dan ini merupakan tanda dari kekurangan vitamin B12.



Nah itulah beberapa fungsi yang dapat kamu dapatkan apabila mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 untuk kulit. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin B12, misalnya adalah daging sapi, telur, keju, udang, susu, yoghurt, rumput laut, dan tempe.