Jun 27, 2014

Cara Sehat Konsumsi Mie Instant


Mie instan merupakan makanan yang paling digemari di beberapa negara. Dengan rasanya yang nikmat, mie instant juga praktis cara memasaknya dan lebih cepat menyajikannya. Tetapi sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi mie instant karena dapat mengganggu kesehatan kita.

Menurut penelitian dari Consumer Education and Research Societ (CER) seperti yang dilansir dari moneylife.in, menyatakan bahwa dari beberapa mie instant ternyata tidak mempunyai nilai gizi sama sekali.  Diketahui bahwa mie instant dari 15 negara masih menjadi makanan yang praktis dengan kandungan lemak, sodium, dan karbohidrat yang tinggi.

Makan Mie Instant


Salah seorang peneliti dari CER menyatakan bahwa mie instant mengandung garam natrium yang tinggi, dan rendahnya kadar serat secara signifikan. Hasil dari penelitian menyebutkan bahwa rata-rata seseorang telah mengonsumsi mie instant dalam dua minggu lebih dari satu kali. Oleh sebab itu, CER memberi panduan mengonsumsi mie instant agar lebih sehat, karena menghindari mengonsumsi mie instant sangatlah sulit. Berikut adalah panduan dari CER:

  •  Usahakan minimal membatasi diri mengonsumsi mie instant seminggu sekali atau kalau bisa 10 hari sekali.
  • Sebelum dimasak dan dikonsumsi, selalu perhatikan tanggal kadaluarsa.
  • Untuk meningkatkan nilai gizi dari mie instant, tambahkan bahan alami yang lainnya yang mengandung banyak nilai gizi, misalnya sayuran, daging, telur, dan sebagainya.
  • Jangan mengonsumsi mie instant bersama nasi, karena nasi yang mengandung karbohidrat akan menyatu dengan karbohidrat yang terkandung dalam mie instant sehingga akan semakin menambah asupan kalori dan kadar gula dalam darah.
  • Sebaiknya bumbunya hanya dipakai separuh saja, karena di dalam bumbu mie instant banyak mengandung MSG. Supaya mie instant tidak kehilangan kelezatannya, kamu bisa menambahkan bumbu yang lainnya, misalnya dengan menambahkan bawang merah, bawang putih, atau merica bubuk.
  • Bagi wanita hamil sebaiknya jangan mengonsumsi mie instant dan jangan pula diberikan pada balita. Karena wanita hamil dan balita tidak boleh mengonsumsi MSG dan penambah rasa INS 621.  



Itulah saran dari CER dalam mengonsumsi mie instant. Jika kamu ingin makan mie, alangkah baiknya jika kamu membuatnya sendiri dan menggunakan bumbu yang alami. Tapi akan lebih baik lagi jika kamu bisa menghindari mengonsumsi mie instant dan mengonsumsi makanan lain yang tinggi nilai gizinya.