Jun 9, 2014

Cara Sederhana Menghemat BBM

Remaja Indonesia



Kita tahu semakin hari semakin banyak kendaraan bermotor, sehingga konsumsi BBM juga semakin meningkat. Hal ini yang kemudian menyebabkan persediaan BBM juga semakin menipis, sehingga berakibat juga dengan tingginya harga BBM. Untuk itu, kita harus dapat mengatur bagaimana caranya agar kita bisa hemat BBM. Berikut ini ada beberapa cara pintar tapi juga sangat sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat BBM.

  • Ubah gaya mengemudi.

Mulai sekarang mengemudilah dengan cara yang halus, dan jangan menekan pedal rem dan gas dengan agresif. Jika kamu menginjak pedal rem atau pedal gas dengan tiba-tiba, hal ini bisa meningkatkan konsumsi BBM. Dan saat kamu mengemudi di jalan tol, jaga kecepatan 10 sampai 20 km/jam, di bawah batas kecepatan maksimum, dan senantiasa memindah transmisi pada putaran mesin dibawah 3000 rpm untuk mobil bensin, dan 2300 rpm untuk mobil diesel.

  • Lakukan perawatan & servis kendaraan.

Banyak sekali pengendara yang mengacuhkan perawatan secara berkala. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi pengeluaran, padahal sebenarnya hal ini justru akan semakin membebani pengeluaran kamu. Jika perawatan ditunda-tunda, maka tanpa kamu sadari dalam jangka panjang filter udara akan tersumbat, mesin yang lama tidak mendapatkan perawatannya akan semakin boros BBM, dan oli mesin yang tidak diganti secara berkala bekerjanya kurang efektif.

Jadi, sebaiknya lakukan servis dan perawatan secara teratur dan jangan gunakan onderdil bajakan, supaya kendaraan kamu tetap awet dan hemat BBM serta hemat pula pengeluaran.


Hemat BBM

  • Tingkatkan aerodinamika.

Pada mobil-mobil model saat ini banyak yang dilengkapi dengan komponen sebagai pemanis tampilan dan juga untuk melancarkan aliran udara pada permukaan badan mobil. Jika kamu memiliki mobil MPV atau sedan besar, jangan pasang kargo atap dan produk roof rack bila tidak dibutuhkan. Sebab, ketika mobil mencapai kecepatan melebihi 50 km/jam, kedua komponen di atas dapat menghambat angin dan konsumsi BBM semakin meningkat.

  • Sesuaikan tekanan angin ban.

Kamu harus bisa menyesuaikan tekanan angin ban dengan ukuran, jenis, pola tapak, dan kapasitas beban ban supaya karakteristik pengendalian, traksi, dan daya tahan ban sesuai dengan yang seharusnya. Jika pada mobil modern, telah dicantumkan informasi tentang tekanan ban yang sesuai, dan ini terdapat pada label plakat di sisi pintu dalam pengemudi.

Ban yang kempes ternyata dapat mempengaruhi meningkatnya konsumsi BBM dan kondisi ban akan cepat aus. Jadi, pastikan kamu periksa tekanan ban setelah mengisi BBM di SPBU.

  • Kurangi beban yang tidak diperlukan.

Jangan mengangkut sesuatu yang tidak dibutuhkan, dan jangan mengemudi dengan kecepatan tinggi dengan jendela yang terbuka sehingga dapat mengakibatkan hambatan angin dan turbulensi udara dalam kabin. Untuk menghemat BBM kamu juga harus mengurangi suhu AC yaitu sekitar 2 atau 3 putaran saja. 





Demikianlah beberapa tips untuk menghemat bahan bakar kendaraan, semoga bisa bermanfaat khususnya bagi kamu pecinta otomotif !