Jun 2, 2014

Bocoran Spesifikasi Toyota Kijang Innova Baru


Toyota Kijang Innova yang kini sudah berusia 10 tahun sejak diluncurkan pada 2004 silam, ternyata banyak sekali penggemar yang menunggu tentang informasi dari Toyota Kijang Innova. Ada informasi terbaru dari produsen India, yang di bawah naungan nama Toyota Kirloskar Motor.

Toyota Kijang Innova yang ada di India sama seperti di Indonesia, terkenal dengan sebutan Innova juga. Dan juga "Qualis" karena adanya perubahan di banyak bagian. Perubahan tersebut adalah untuk model yang mempunyai nama desain "Kijang Essential"  yaitu ada di empat bagian, yaitu mesin, desain, sasis, dan kabin. Mau tau detail lebih lengkapnya? Dibawah ini penjelasannya !



Toyota Kijang Innova

  • Perubahan sasis

Kijang yang baru tersebut juga akan memakai model bodi monocoque yaitu body yang langsung menyatu sama seperti pada sedan-sedan modern. Dan sudah diterapkan terhadap Toyota Nav 1.

Sasis ini akan mengalami perubahan karena generasi Kijang hingga pada generasi Kijang Innova atau generasi ke 5 dari Kijang tersebut masih menggunakan sasis yang terpisah / ladder frame. Dan dengan perubahan tersebut, pada generasi Kijang yang ke 6 akan tampil lebih keren dan lebih nyaman seperti pada Toyota Nav 1.

  • Kabin yang lebih luas

Ada perubahan lainnya yaitu kabin yang akan lebih lega dari pada Innova yang ada saat ini. Kijang Innova yang sekarang ada dipasaran mempunyai panjang yang berbeda-beda pada setiap modelnya. Sebagai contoh adalah tipe G matic yang lebih besar sedikit dari pada tipe V matic. Tipe G matic berukuran 4.600 mm x 1.695 mm x 1.850 mm, sedsangkan  tipe V matic berukuran 4.600 mm x 1.775 x 1.750 mm. Kalau sasis berubah, hal tersebut memungkinkan adanya  ruang yang lebih luas di kabin.

  • Mesin diesel baru

Sumber dari India menyatakan bahwa adanya perubahan dan  termasuk pada mesin, yaitu akan ada mesin diesel yang baru. Seperti pada jenis Toyota Kijang Innova  yang ada dipasaran saat ini,  pilihan untuk "Innova diesel matic" juga  akan tetap dipertahankan. Sedangkan untuk mesin diesel, sekarang ini Toyota memakai mesin dengan kode "D4D". Kode tersebut selain dipasangkan di Innova, kode tersebut juga dipasangkan pada Fortuner dan pick-up Hilux.

Mesin dari diesel D4D memakai sistem injeksi rel (commonrail injection). Sistem injeksi ini bergerak terpisah dari yang lainnya, dan diatur lewat unit kontrol elektronik yang dapat melakukan suatu keseimbangan secara akurat terhadap tekanan injeksi pada bahan bakar, dan memakai High Pressure Piezo Injection.

Mesin diesel Innova Gen VI mungkin adalah revisi dari D4D. Tekanan injeksi yang terus meningkat serta proses dari pemecahan bahan bakar menjadi lebih halus, jadi pada proses  pembakaran dan pencampuran serta volume dari bahan bakar akan lebih baik sehingga pemakaiannya akan menjadi relative sedikit jika dibandingkan dengan mesin diesel.

  • Desain

Gambar desain Kijang generasi yang keenam  sudah beredar dan tampak adanya suatu perbedaan. Sumber dari India mengatakan bahwa pada Kijang Innova ini akan tampak lebih mencolok  ini dikarenakan mungkin  bentuknya  berubah cukup signifikan.

Desain dari Kijang Innova yang ada sekarang cukup tajam. Sedangkan, sekarang ada perubahan yaitu pada grille kumis yang lebih besar  sehingga lebih memberi ruang udara lebih besar masuk ke dalam mesin.

Dari gambar yang sudah beredar yang dikenal sebagai "Kijang Essential", dasar dari Kijang Innova masih terlihat yaitu tatanan kacanya yang terlihat lebih mengecil saat mengarah ke belakang.

Tetapi yang terlihat lebih mencolok adalah pada bagian hidungnya. Pada bagian ini seperti tampak bongsor dengan memakai lampu tajam dan sipit tampak memanjang dan hampir menutupi seluruh tepian dari kap mesin.





Kamu tertarik dengan generasi Toyota kijang innova terbaru ini ? Tunggu aja ya launchingnya mungkin 1-2 tahun lagi !