Jun 18, 2014

Bertamasya ke Pantai Klayar Pacitan

Remaja Indonesia



Kamu mungkin baru mendengar nama pantai Klayar. Pantai Klayar atau juga disebut sebagai Klayaran adalah pantai yang memang masih belum dikelola sebagai tempat wisata. Padahal pantai ini memiliki banyak sekali potensi wisata yang bisa digali, tapi pemerintah daerah setempat masih membiarkannya menjadi pantai yang alami. Meski demikian, ternyata pantai Klayar sudah terkenal dalam dunia maya atau lewat jaringan internet, dan juga telah dikenal banyak orang dari mulut ke mulut.

Pantai Klayar berada di wilayah Pacitan, yaitu sebuah daerah yang berada di sisi selatan Jawa Timur yang berbatasan dengan daerah Wonogiri Jawa Tengah. Pantai Klayar tepatnya berlokasi di desa Kalak, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, propinsi Jawa Timur. Dari kota Pacitan, pantai ini berjarak sekitar 40 km ke arah barat. Pantai ini merupakan satu garis dengan pantai wisata Teleng Ria.  

Pantai Klayar yang merupakan bagian dari pantai selatan juga menyimpan banyak cerita misteri seperti halnya pantai selatan, tapi tak kalah juga dengan pemandangan keindahan dan keunikan pantai ini. Beberapa diantara keindahan dan keunikan pantai ini adalah terdapat karang raksasa yang mirip Sphinx Mesir, air terjun, pasir putih, seruling laut, air mancur alami, dan batu karang yang indah. Tetapi ternyata sudah banyak wisatawan asing yang telah mengenal dan mengunjungi tempat ini, sedangkan wistawan domestic sendiri masih belum banyak yang mengenalnya. Hal ini karena masih sedikit pemberitaan di media offline. Sedangkan para wisatawan asing telah lebih dulu mengetahui dari internet. Garis pantai Pantai Klayar ini memang tidak terlalu panjang, tetapi keindahannya penuh pesona.


Pantai Klayar


Pantai Klayar yang misterius


Biasanya Pantai Klayar akan ramai dikunjungi para pelancong pada saat-saat liburan atau akhir pekan. Sedangkan pada hari-hari biasa hanya ada nelayan lokal yang sedang melaut.  Karena pantai ini menyimpan sejuta misteri, maka banyak sekali pengunjung yang ingin membuktikan kebenaran tentang misteri di pantai ini.

Saat suasana sepi, yang terdengar hanya hembusan angin. Di pantai yang dipagari banyak nyiur hijau dan pantai yang berpasir putih ini, terdapat dua karang setinggi pohon kelapa yang menjadi tempat favorit para pengunjung, dan masih banyak lagi karang-karang yang lain. Karang-karang ini berada di sisi timur pantai, dan juga terdapat karang raksasa diantara karang-karang tersebut. Karang raksasa ini mirip seperti karang raksasa Tanah Lot, Bali. Selain itu, terdapat juga sungai-sungai kecil yang bermuara di pantai ini.

Pada sisi barat terdapat karang yang lebih tinggi dan juga lebih besar. Tinggi karang ini mencapai 50 meter, tebingnya adalah gugusan karang yang mirip seperti tempat bersandarnya sebuah kapal. Di tebing sisi kanan sudah di buat gardu pandang untuk menikmati keindahan Pantai Klayar.

Di tebing karang sisi timur terdapat karang raksasa yang mirip seperti Sphinx yang ada di Mesir. Di belakangnya berderet karang-karang yang berlubang sehingga air laut yang masuk lewat karang tersebut akan tampak seperti air mancur alami yang airnya bisa muncrat hingga ketinggian 10 meter. Dan ternyata dari muncratnya air mancur ini bisa mengeluarkan suara aneh mirip seruling, sehingga masyarakat sekitarnya menyebutnya dengan seruling laut. Kemudian di sebelahnya lagi terdapat air terjun yang tingginya dua meter. Pada deretan karang Sphinx juga terdapat karang bolong, yang sebenarnya karang ini berlubang akibat dari abrasi disebabkan tiupan angin laut.

Jika kamu pergi ke Pantai Klayar, kamu bisa mengabadikan moment yang indah di pantai ini dan jangan lupa untuk mempromosikannya pada teman-teman yang lain agar Pantai Klayar menjadi tempat wisata terkenal sebagaimana tempat-tempat wisata yang lain.


Air Mancur


Rute menuju ke Pantai Klayar

Pantai Klayar adalah teluk kecil yang sisi-sisinya dibatasi tebing-tebing karang, dan mirip seperti Pantai Karma Kandara. Jika kamu ingin berkunjung ke pantai ini, dari kota Pacitan kamu bisa menempuh perjalanan menggunakan motor selama kurang lebih 3 jam , sedangkan jika dari Yogyakarta, kamu bisa lewat jalan tembus dengan 3 jam perjalanan.

Tertarik untuk mengunjungi pantai ini akhir pekan nanti ?