Jun 30, 2014

Apakah Sabun Antibakteri Sudah Menjamin Kesehatan ?



Biasanya produk sabun selalu menyertakan tulisan antibakteri untuk menarik konsumen, mulai dari sabun mandi, sabun untuk mencuci peralatan dapur, sampai pada sabun wajah. Dan bahan anti bakteri yang digunakan pada produk sabun salah satunya adalah triclosan. Sedangkan di Minnesota (Negara bagian Amerika Serikat), adalah Negara pertama yang melarang penggunaan triclosan dalam berbagai produk kebersihan. 

Seperti yang dilansir dari WomensHealthMag, ternyata triclosan telah ditemukan dalam berbagai produk sabun dan pasta gigi. Dan menurut FDA, ternyata triclosan tidak memberikan hasil yang berguna dalam perawatan dan membersihkan tubuh. Triclosan juga tidak dapat mematikan virus penyebab penyakit yang menular, misalnya penyakit influenza. Dan ternyata sebaliknya, di dalam sabun, triclosan justru dapat meningkatkan resistensi antibiotic bakteri yang akan memicu adanya penyakit lainnya.



Memang larangan penggunaan triclosan belum dikeluarkan oleh FDA, tetapi FDA telah menyarankan agar memakai bahan aktif yang lainnya yang tidak berbahaya tapi benar-benar efektif dalam fungsinya.

Tetapi masyarakat sudah terlanjur percaya dan mengandalkan triclosan sebagai zat anti bakteri tanpa mengetahui efek yang ditimbulkannya. Padahal sebenarnya bakteri yang berbahaya masih tetap hidup dan dapat menularkan penyakit jika tidak dapat menjaga kebersihan secara maksimal.


Jadi, jagalah selalu kebersihan tubuh kamu dan selalu cuci tangan dengan mengikuti langkah-langkah yang benar sehingga bakteri dan kuman-kuman penyakit bisa di minimalisir.