Jun 18, 2014

3 Dampak Negatif Gadget Terhadap Otak Manusia


Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun bisa dibilang begitu dahsyat. Sekarang hampir setiap saat kita menggunakan teknologi untuk membantu pekerjaan kita. Salah satu teknologi yang saat ini banyak digandrungi oleh kawula muda adalah gadget. Gadget memang mempunyai banyak sekali manfaat yang harusnya kita manfaatkan sebaik mungkin. Namun jangan salah, banyak sekali remaja yang bukan memanfaatkannya sebaik mungkin, tapi malah menyelewengkannya untuk hal-hal yang negatif.

Tahukah kamu bahwa ada dua dampak yang diakibatkan dari penggunaan teknologi gadget ? Ya, tentunya dampak itu ada yang positif dan ada juga dampak negatifnya. Jika kamu dapat memanfaatkan gadget dengan baik, maka dampak yang kamu peroleh adalah dampak positif, sedangkan jika kamu mengalami ketergantungan terhadap gadget, maka dampak yang kamu peroleh adalah dampak negatifnya. Dan dampak negative tersebut diantaranya adalah bahwa gadget bisa melemahkan otak.

Tentu saja hal ini adalah sangat realistis, mengingat ketika kita menggunakan gadget, yang paling sering bekerja adalah mata kita, tangan kita, dan tentu yang paling bekerja adalah pikiran atau otak kita. Bahkan jika tidak efektif dalam menggunakannya, otak bisa lemah karenanya. Berikut adalah penjelasan mengenai gadget yang bisa melemahkan otak manusia, seperti yang kita lansir dari foxnews.com.

Gadget dan Otak

  • Kecanduan SosMed saat Bekerja

Pada hakekatnya setiap orang mempunyai kemampuan untuk melakukan multitasking. Tetapi menurut seorang professor ilmu computer di KTH Royal Institute of Technology, Swedia yang bernama Erick Fransen menyatakan bahwa otak manusia memiliki batasan dalam memproses tiga sampai lima hal yang dikerjakan secara bersamaan. Jika kamu berada di depan komputer yang tersambung pada berbagai akun sosmed, sedangkan saat itu kamu menerima telepon dan sms lewat ponsel, maka justru hal ini dapat membuat kamu kehilangan konsentrasi sehingga kamu melupakan yang seharusnya kamu lakukan.

Jadi jika kamu mengerjakan sesuatu yang benar-benar penting, maka sebaiknya kamu menyediakan waktu setengah jam untuk fokus pada pekerjaan kamu, karena otak memerlukan waktu 10 sampai 15 menit untuk fokus pada suatu hal yang di kerjakan. Jika otak kamu semakin mendekati batas maksimal kerja dari memori otak, maka akan semakin sulit untuk berkonsentrasi. Maka dari itu, saat kamu bekerja   usahakan agar tidak memakai gadget.

  • Sulit Mengingat

Dari penelitian yang dilakukan oleh Linda Henkel dari Fairfield University menyatakan bahwa foto bisa membantu seseorang dalam mengingat suatu hal. Tapi saat kamera digital atau ponsel yang dimiliki menyimpan banyak sekali foto-foto dan  di upload dengan jumlah puluhan bahkan ratusan foto ke instagram, maka bisa jadi seseorang akan mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu yang pernah di dokumentasikan sebelumnya. Hal ini karena begitu banyaknya dokumentasi yang tersimpan sehingga justru akan sulit untuk diingat-ingat. Mengingat hal tersebut, Linda Henkel menyarankan untuk memilah-milah foto berdasarkan beberapa kategori, supaya kamu bisa lebih mudah mengingatnya agar bisa memanfaatkan memori otak dengan lebih efesien.

  • Kecanduan Membaca Konten Online

Berdasarkan penelitian dari International Journal of Educational Research menyatakan bahwa seseorang yang membaca konten online, tingkat pemahaman bacaannya lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang membaca tulisan cetak. Kalau kamu membaca bacaan dalam sebuah buku, maka kamu akan mudah menemukan materi yang penting pada beberapa halaman. Sedangkan jika kamu membaca materi pada layar LCD, kamu harus berhadapan langsung dengan cahaya layar yang berfluktuasi dan bisa menjadikan kelelahan pada mata, sehingga untuk mengurangi hal ini otak kamu harus mampu bekerja keras untuk secepatnya menyimpan memori. Maka dari itu, ketika melakukan hal yang penting jangan tergantung pada gadget. Pikirkan dampak negatifnya. Memang teknologi diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia, tapi bukan berarti manusia diperbudak oleh teknologi.




Beberapa hal itulah yang dapat aku tulis dalam artikel ini. Sebagai saran, gunakanlah teknologi sebaik mungkin. Setiap hal yang hadir dalam hidup kita terkadang menjadi sebuah pedang, dimana kita harus memanfaatkan sebaik mungkin. Apakah pedang itu kita manfaatkan atau justru pedang itu akan melukai diri kita sendiri. Pikirkanlah itu !