Jun 8, 2014

3 Cara Membersihkan Perhiasan Emas supaya Berkilau

Remaja Indonesia


Perhiasan dari bahan emas memang paling sering diminati oleh para wanita ataupun pria yang hobi mengoleksi emas sebagai perhiasannya. Mulai dari anting, gelang, cincin dan perhiasan lainnya menggunakan bahan dasar emas. Bahkan, emas juga dipakai untuk membuat berbagai kerajinan atau benda pakai lainnya, seperti jam tangan, handphone, tas, mobil, bahkan monumen nasional pun bagian yang paling atasnya juga terbuat dari emas. Ini membuktikan bahwa emas memang zat yang mahal harganya dan memiliki nilai seni dan kualitas yang tinggi.

Perhiasan emas adalah perhiasan yang dikenal tahan lama dan tidak lekang oleh waktu. Namun, bukan berarti juga perhiasan ini tidak dapat menjadi kusam dikarenakan kotoran yang melekat di permukaannya. Sebaiknya kamu harus menjaga dan selalu membersihkannya dengan teratur supaya perhiasan akan selalu berkilau. Berikut beberapa tips untuk membersihkan perhiasan emas dengan mudah, seperti yang ditulis oleh oleh wikihow. com.

  • Menggunakan ammonia

Zat pembersih kuat ini bisa kamu pakai sesekali untuk membersihkan perhiasan emas. Namun jangan pakai pada perhiasan yang memiliki kandungan platina atau mutiara. Caranya dengan merendam perhiasan ke dalam larutan ammonia dan air, lalu bilas kemudian keringkan.

  • Menggunakan deterjen ringan & air hangat

Rendam perhiasan dalam campuran air hangat yang ditambah dengan sedikit deterjen, lalu sikat dengan lembut memakai sikat gigi bekas. Kemudian bilaslah menggunakan air lalu keringkan memakai kain lembut.


Perhiasan Emas


  • Perhiasan dengan kristal atau permata yang menempel

Untuk perhiasan dengan permata yang menempel, alangkah baiknya jika kamu jaga supaya selalu kering. Bersihkan dengan memakai kain lembut yang sudah dibasahi menggunakan air sabun. Lalu bersihkan sabun memakai kain basah. Jangan lupa juga agar langsung mengeringkannya menggunakan kain kering.


Catatan :

  • Jangan membersihkan perhiasan emas memakai tisu, dikarenakan partikel kayu di dalam tisu bisa menggoresnya.
  • Simpanlah perhiasan di tempat yang terhindar dari kotoran atau debu.




Itulah tips untuk membersihkan perhiasan emas yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Ingat, bahwa jika kamu membeli perhiasan bukan berarti hanya untuk koleksi atau tabungan semata, tapi kamu juga perlu merawatnya agar selalu berkilau dan tahan lama, serta masih memiliki nilai jual yang tinggi.