Mar 2, 2014

Bahaya Memakai Kosmetik yang Mengandung Merkuri


Banyak sekali wanita Indonesia yang memilih untuk menggunakan kosmetik tertentu yang memiliki kandungan merkuri didalamnya. Ya, seperti yang kita tahu bahwa wanita Indonesia itu kebanyakan menginginkan kulit yang mulus putih. Dan karena itu, banyak produsen kosmetik memanfaatkannya dan memasukan merkuri kedalam kandungan kosmetik hasil produksinya.

Memang sih, kandungan merkuri dalam kosmetik itu bisa membuat hasil yang lebih jos serta lebih instan. Biasanya, jerawat bisa cepat hilang, noda hitam hilang, dan kulit udah mulai terlihat putih. Lalu, setelelah mengetahui beberapa manfaat yang instan itu, satu per satu wanita mulai menganjurkan temannya untuk ikut-ikutan memakai kosmetik tersebut,

Menurut Husniah rubiana Thamrin dari BPOM mengungkapkan bahwa merkuri bisa berbahaya karena termasuk jenis logam berat. Walau sedikit saja jumlah merkuri yang masuk ke tubuh, bisa menjadi racun. Merkuri apabila dioleskan bisa masuk kedalam peredaran darah. Dan bahayanya bisa membuat iritasi, bintik hitam, hingga kerusakan pada saraf, otak, ginjal, hingga gangguan perkembangan untuk janin. Dan efek jangka panjangnya bisa mengakibatkan kanker loh !

Bahkan menurut Dr. Retno I. Tranggono, SpKK, ternyata krim merkuri memang memiliki khasiat yang bagus pada awalnya, kemudian lama kelamaan bisa membuat kecanduan dan apabila seseorang tak memakainya lagi, dia bisa mengalami iritasi pada kulitnya.
Mengingat akan bahaya merkuri dalam kosmetik, saran saya adalah pilihlah kosmetik yang sesuai dengan wajah kamu. Dan pastikan bahwa kosmetik itu mendapatkan izin dari BPOM. Ingat ! Hal ini demi menjaga kecantikan wajah kamu.