Feb 8, 2014

Mengenal Jenis Karbohidrat dalam Makanan


Ada dua type karbohidrat yang sering kita jumpai di dalam makanan yakni karbohidrat sederhana serta karbohidrat kompleks. Kita mestinya mengetahui type karbohidrat serta makanan apa saja yang bisa menghasilkan karbohidrat. Karbohidrat sederhana juga disebut dengan gula sederhana. Ini bisa ditemukan dalam gula halus, contohnhya gula putih. Gula sederhana dapat juga ditemukan didalam kandungan makanan yang memiliki nutrisi seperti buah-buahan serta susu. Akan lebih baik jika memperoleh gula sederhana dari buah-buahan serta susu. Lantaran alami dihasilkan dalam makanan ini serta memiliki kandungan vitamin dan serat, hingga nutrisi utama seperti kalsium.

Karbohidrat kompleks dimaksud juga sebagai pati (kanji). Pati terhitung dalam product biji-bijian, seperti halnya roti, pasta, biskuit serta nasi. Seperti gula sederhana, sebagian makanan karbohidrat kompleks yaitu pilihan yang baik dari pada yang lain. Biji-bijian hasil olahan (halus), seperti halnya tepung terigu ataupun nasi putih yang sudah diolah bisa menyingkirkan nutrisi dan juga fiber. Namun biji-bijian yang tak dihaluskan tetap memiliki kandungan vitamin serta mineral. Bisa pula membantu system pencernaan untuk bekerja lebih baik. Serat memberi bantuan tubuh untuk terasa kenyang, hingga kamu condong tak makan terlampau banyak. Hal semacam ini menuturkan kenapa semangkuk bubur gandum tambah baik dari pada permen manis walaupun jumlah kalorinya sama. Karbohidrat kompleks berikan seseorang energi untuk periode waktu yang cukup lama. Dengan mengetahui type karbohidrat ini, kita jadi lebih memahami akan faedahnya untuk kesehatan badan.

Saat kamu konsumsi karbohidrat, tubuh akan memecahkannya jadi gula sederhana yang bisa diserap ke dalam aliran darah. Saat kandungan gula meningkat dalam tubuh, pankreas akan keluarkan hormon insulin. Insulin dibutuhkan untuk memindahkan gula dari darah ke dalam beberapa sel, di mana gula bisa dipakai sebagai sumber energi.


Mengetahui type karbohidrat penting untuk kita. Dengan demikian kita bisa memastikan makanan apapun yang tambah baik untuk dikonsumsi supaya membuahkan energi untuk periode waktu yang lama. Dengan demikian kita tak cepat terasa lapar. Namun bila kita tak mengetahui type karbohidrat, besar kemungkinan akan salah menentukan makanan yang pada akhirnya mengganggu kesehatan kita.