Feb 25, 2014

Manfaat Tumbuhan Pepaya Bagi Kesehatan


Seperti yang sudah kita kenali, sayuran serta buah yaitu makanan yang banyak membawa khasiat bagi tubuh kita. Tak cuma jadi sumber vitamin serta serat, bermacam sayur dan buah dapat juga jadi penyembuh beragam type penyakit. Satu diantara buah yang disukai orang-orang yaitu pepaya. Buah ini terasa enak serta faedahnya yang amat banyak. Diluar hal itu, buah ini gampang ditemukan dimana-mana, baik ditemukan di pekarangan warga ataupun dipasar-pasar, harga nya juga dapat disebut harga yang terjangkau.  

Namun tahukah kamu, nyatanya buah ini tak cuma buahnya saja yang berguna namun nyaris semua bagian tubuh tanaman pepaya diakui memiliki kandungan nutrisi yang bagus untuk tubuh manusia.

Sebagian khasiat serta Manfaat dari tanaman pepaya yaitu sebagai berikut :

  • Akar :  obat penyakit ginjal, obat cacing, obat kandung kencing, obat sakit-sakit tulang.
  • Batang : pakan ternak.
  • Daun :  Mengobati penyakit beri-beri dan juga sumber vitamin A, penambah nafsu makan, obat malaria, mengobati kejang perut, obat sakit panas.
  • Bunga : Dibuat sayur lodeh, campuran pecel, sumber vitamin A.
  • Buah : Buah yang muda di buat sayur lodeh, buah yang mengkal bisa dibuat rujak, untuk manisan basah serta manisan kering. Buah yang masak jadikan buah meja, jus, sebagai zat anti kanker dan juga makanan untuk memudahkan buang air besar, menyembuhkan luka lambung, dan bisa kurangi panas pada waktu demam.
  • Biji : biji yang ditumbuk halus bisa membantu mengeluarkan keringat untuk pasien masuk angin serta obat cacing.
  • Getah : Bisa menghaluskan kulit, digunakan di industri penyamakan kulit.

 
Di Kota Balikpapan, ada pepaya mini yang mempunyai nilai ekonomis tinggi, yang di kenal sebagai “Pepaya Mini Balikpapan” dengan ciri khas memiliki bentuk yang kecil serta terasa lebih manis. Pepaya mini asal Blikpapan ini banyak di kembangkan di Kecamatan Balikpapan Timur serta Balikpapan Utara.

Tak hanya dapat dimakan langsung, pepaya dapat juga di buat untuk bermacam minuman yang mampu beri kesegaran bagi tubuh. Umpamanya saja, untuk es buah. Dengan dagingnya yang amat padat serta terasa manis, menjadikan hidangan es buah seakan terasa hampa jika tidak ada buah yang satu ini. Namun jangan sampai lupa, pastikan buah pepaya yang masih mengkal. Untuk menjadikan buah pepaya ini terus padat, silahkan rendam buah pepaya yang telah dipotong-potong dengan campuran air serta air kapur sirih. Setelah beberapa waktu, masak menggunakan air gula hingga airnya hampir habis. Sesudah dingin, taruh di dalam kulkas. Kemudian pepaya siap di sajikan dengan beragam buah yang lain.


Buah pepaya ini dapat juga dijadikan sebagai masker wajah. Buah ini diakui berperan baik untuk menghaluskan kulit. Langkah membuatnya juga gampang, buah pepaya yang telah dikupas, dihaluskan menggunakan blender, lalu jadilah masker yang siap dipakai dan diaplikasikan ke wajah.