Feb 27, 2014

Manfaat Jambu Biji Merah bagi Kesehatan


Jambu biji (Psidium guajava linn) adalah jenis jambu yang tumbuh di wilayah tropis serta subtropis. Biasanya jambu biji merah ini berdaging lunak dan tebal, terasa manis, berbiji sedikit, dan buahnya memiliki ukuran cukup besar.

Buah jambu biji merah memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi di banding dengan buah jeruk manis. Perbandingannya sampai 2 kali lipat jeruk manis yang cuma  memiliki 49 mg vitamin C per 100 gram buah.

Dalam buah jambu biji juga megandung serat. Yakni pektin, dan berguna untuk menurunkan kolesterol total dan trigeliserida darah serta mampu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Hal itu dibuktikan dengan dikerjakannya berbagai riset oleh Singh Medical Hospital and Research Center Morrabad, India. Tanin dalam jambu biji berguna untuk membuat lancar system pencernaan serta aliran darah, yang menyerang virus.

Kemudian, kalium yang ada dalam buah jambu biji juga dipercaya bisa memperbaiki keteraturan denyut jantung, mengatur pengiriman zat gizi ke sel tubuh, mengaktifkan kontraksi pada otot, dan juga mampu turunkan kandungan kolesterol total dan hipertensi. Menurut hasil riset, mengonsumsi buah jambu biji sebanyak 0,5 - 1 kilogram dalam sehari sepanjang empat minggu, bisa kurangi resiko terkena sakit jantung sampai 16%.

Kandungan Zat likopen dalam buah jambu biji juga berguna bagi kesehatan tubuh, yakni sebagai pelindung tubuh dari beragam jenis type penyakit, utamanya penyakit kanker. Berikut ini ada beberapa khasiat lain dari jambu biji warna merah ini :

  • Meningkatkan sistem imun
  • Membuat lancar pencernaan dan menyembuhkan sembelit
  • Turunkan kolesterol darah serta menurunkan gula darah
  • Mengatur kandungan gula darah pada pasien diabetes melitus
  • Menyembuhkan diare
  • Mengobati demam berdarah


Banyak pasien demam berdarah yang mengandalkan jambu merah ini sebagai obatnya. Hal ini tentu benar dan manfaatnya pun baik bagi kesehatan, dan memulihkan dari penyakit demam berdarah akibat nyamuk. Biasanya, seseorang membuat jus buah jambu biji warna merah ini untuk mengobati penyakit.