Feb 5, 2014

Cara Membuat Gorengan Rempeyek Kacang


Rempeyek kacang, atau biasa disebut dengan “peyek” adalah sejenis makanan gorengan yang rasanya gurih. Makanan seperti ini sangat cocok untuk camilan, dan juga cocok untuk dijadikan pelengkap makanan.

Biasanya gorengan ini juga sangat nkmat jika dijadikan makanan pelengkap nasi pecel. Karenanya kita mungkin sering menjumpai makanan ini di warung-warung makanan yang menjual nasi pecel. Nah, kali ini kita akan pelajari bagaimana cara membuatnya !

BAHAN : 

400 gram, tepung beras 
1/2 kilogram, kacang tanah yang sudah dikupas
1/2 sendok makan, tepung tapioka 
4 siung, bawang putih 
1 sendok teh, ketumbar bubuk 
5 butir, kemiri
250 cc, santan kelapa 
1 butir, telur ayam 
5 lembar, daun jeruk yang diiris tipis 
100 cc, air 
1 sendok makan, air kapur sirih, bila ada 
Garam secukupnya 
Minyak goreng secukupnya 

CARA MEMBUAT : 
Pertama masukkanlah telur, kemiri, bawang putih, garam, ketumbar bubuk serta air kapur sirih di dalam wadah, lalu silahkan diulek atau diblender hingga menjadi halus. 

Campurkan bumbu halus itu dengan air, tepung beras, santan, kacang tanah, tepung beras, ditambah daun jeruk. Lalu aduk hingga benar benar rata. 

Selanjutnya panaskanlah minyak goreng dalam wajan penggorengan. Sesudah minyak itu panas, saatnya masukkan adonan yang sudah di buat menggunakan sendok sedikit demi sedikit minyak panas dibagian tepi wajan penggorengan tadi.

Kemudian goreng meggunakan api sedang hingga peyek menjadi berwarna kuning kecoklatan, lalu angkat serta tiriskan.

Nah, peyek yang gurih dan renyah siap di sajikan untuk dinikmati.



Rasanya cukup mudah untuk membuat gorengan sederhna ini. Rasanya pun gurih sekali lho sobat. Jadi, bisa kalian coba deh untuk sebagai makanan pelengkap atau sebagai cemilan.