Feb 5, 2014

Benarkah Sinusitis Disebabkan Oleh Cuaca Dingin ?


Satu diantara pemicu mangalami sinusitis yaitu keadaan lingkungan. Ternyata cuaca bisa mengakibatkan terjadinya penyakit sinusitis. Cuaca dingin punya potensi menambah kerentanan terjadinya gejala alergi. Alergi yang dikarenakan oleh cuaca dingin dapat menyebabkan rhinitis alergika, dimana rhinitis alergika ini akan jadi penyebab terjadinya sinusitis kritis.

Sinusitis serta cuaca dingin memang amatlah erat hubungannya. Pada keadaan dingin, badan merespon dengan cara keluarkan senyawa histamin. Pada sebagian individu yang rawan pada alergi, keluarnya histamin dengan cara berlebihan akan menyebabkan reaksi alergi. Bila alergi tersebut mengenai dibagian sinus, maka akan timbul peradangan sinus yang setelah itu mengarah menjadi penyakit sinusitis.

Pada masalah terjadinya alergi pada cuaca dingin ini, penyembuhan dapat dikerjakan dengan melakukan terapi anti alergi memakai anti histamin. Tetapi yang jadi persoalan, sinusitis yang dikarenakan oleh hawa dingin tak gampang sembuh, selain itu sifatnya menetap lantaran reaksi pada alergi tak gampang diobati terkecuali pemicunya ditiadakan. Pada keadaan hawa yang normal, maka pasien bisa terlepas dari terjadinya sinusitis.

Sinusitis yang disebabkan oleh cuaca dingin umumnya diikuti dengan tanda-tanda lain, misalnya sesak nafas. Hal semacam ini juga termasuk reaksi alergi, tak hanya kesusahan untuk bernafas disebabkan karena peradangan pada hidung. Untuk pasien rhinitis alergika, umumnya juga alami bersin-bersin pada waktu hawa dingin mulai nampak. Oleh karenanya, mereka kerap bersin pada malam hari. Bersin berulang ini dapat mencetus terjadinya radang terhadap sinus hidung. Yang kemudian bisa mengakibatkan sinusitis jadi tambah kronis. Pada waktu alami alergi dingin, baiknya pasien memperoleh penanganan yang pas, yakni pemberian anti histamin, steroid ataupun dekongestan untuk kurangi rasa tak nyaman disebabkan pembengkakan sinus.


Sinusitis yang disebabkan oleh cuaca dingin menjadikan beberapa penderitanya terasa takut waktu musim dingin datang. Tak hanya sesak nafas, nyeri pada pasien rhinitis alergika ini, pasien juga mengalami gatal-gatal, utamanya ketika sesudah bersin. Pada pasien sinusitis disebabkan cuaca dingin yang kronis, aktivitas pada kesehariannya juga bisa terganggu, mulai waktu tidur, saat belajar, bekerja dan juga kesibukan yang lain. Untuk itu butuh penanganan serius. Sekian informasi mengenai Sinusitis dan juga hubungannya dengan cuaca dingin.