Feb 6, 2014

Apakah Jerawat Timbul Karena Faktor Keturunan ?


Jerawat adalah salah satu musuh utama remaja. Pasti kita akan jengkel dengan yang satu ini. Jerawat bisa membuat kita kurang pede, gak bisa eksis, dan yang paling nyusahin itu kadang sulit sekali hilangnya. Memang bikin bad mood nih jerawat !

Tak hanya makanan serta hormon, ada aspek lain yang memicu munculnya jerawat pada wajah. Menurut hasil riset yang dikerjakan oleh Goulde serta McGeown pada tahun 1999, aspek genetik memegang fungsi utama pada kerentanan seorang mengalami jerawat.

“Kecenderungan berjerawat, ukuran dan aktivitas kelenjar sebasea (minyak), keadaan seborrhea (peradangan kulit), dan besarnya ukuran pori diturunkan oleh orangtua,” menurut dr Gloria Novelita, SpKK, seorang dokter spesialis kulit dan kelamin dari klinik BeYouTiful, sekian waktu lalu di Jakarta.

Menurut riset Braun serta Falco (1991), apabila kedua orangtua pernah mengalami jerawat timbul di wajahnya, anak juga berisiko mempunyaipersoalan jerawat sampai 50 %.
Dia juga menambahkan bahwa, “Meski demikian, faktor genetik tidak 100 persen menjadi penentu Anda berjerawat atau tidak. Faktor genetik akan menyatu dengan faktor lingkungan dan menyebabkan kulit berjerawat,” .

Ada aspek lingkungan serta genetik yang merubah tumbuhnya jerawat serta sudah dibuktikan oleh Walton tahun 1989. Studi ini dikerjakan pada anak kembar serta resiko mereka mengalami jerawat. Studi ini tunjukkan, bahwa sekalipun mereka kembar serta produksi sebumnya sama, belum pasti mereka mempunyai persoalan jerawat sama.

“Di sinilah faktor lingkungan memengaruhi perkembangannya. Produksi minyak wajahnya sama, tapi faktor lain seperti cara membersihkan wajah, makanan, pemilihan make-up, dan lainnya yang berbeda akan punya hasil yang berbeda juga,” Tambahnya lagi.

Namun, yang paling penting bagi kita walaupun orang tua pernah berjerawat adalah selalu menjaga kesehatan dan kebersihan wajah. Hal ini sudah efektif untuk menangani jerawat, tanpa harus menyalahkan keturunan.


Kalaupun kamu pernah jerawat, segeralah untuk menghilangkannya dengan cara alami. Karena berdasarkan beberapa pengalaman yang ada. Seseorang yang memiliki banyak jerawat, adalah seseorang yang ketika muncul jerawat dia tak mepedulikannya. Padahal itu adalah awal yang bisa merusak dan memperburuk keadaan wajahnya.