Jan 1, 2014

Tips Merawat Sweater Supaya Awet


Waktu musim hujan kayak gini, kamu pasti memerlukan jaket ataupun sweater. Tak hanya untuk menghangatkan badan, jaket ataupun sweater dapat juga mendongkrak tampilan supaya terlihat lebih cantik atau tampan atau lebih keren. Tetapi kamu perlu hati-hati menjaga sweater, karena sweater bisa menyusut atau bisa memudar. Inilah lima tips untuk merawat sweater supaya  awet, serta penampilannya senantiasa terlihat seperti baru. 

Tidak terus-terusan mencucinya

Seperti pakaian jeans, sweater tak mesti dicuci sesudah digunakan. Bila mau membuatnya terus tampak baru jangan sering mencucinya. Supaya sweater tak butuh dicuci terus-terusan, gunakan baju katun dibawahnya sehingga keringatmu tak mengenai bahan sweater.

Tidak menggantung sweater di hanger

Gravitasi bisa memisahkan serat-serat serta merubah pola rajutan sweater. Lipat sweatermu, lalu taruh di kotak kayu, ataupun kemasan dari karton dan pastikan mendapatkan udara, namun terlepas dari serangan serangga ngengat. Dengan langkah tersebut kamu akan melindungi bentuk serta baunya yang akan lebih fresh ketika sesudah mencucinya.

Sikat benang yang berhamburan

Karena kerap tergesek, serat dan juga benang pada sweater dapat berhamburan, lalu membentuk bola-bola kecil. Mengakibatkan, sweater jadi tampak bulukan. Tetapi, untungnya benang ini bisa dihilangkan dengan gampang dengan tangan, dengan sikat baju, ataupun pencukur listrik, yang pada dasarnya untuk mengelupaskan kain, hingga terlihat halus dan tampak baru lagi. Apabila kamu tak mempunyai satu diantara alat tersebut, cobalah memakai sikat rambut ataupun sisir.

Beri kamper

Ngengat sangat suka makan wol, yang merupakan bahan utama sweater. Akan tetapi aroma kayu cedar yang biasanya manis dapat menghindarkan dari ngengat. Untuk menghindari hama ini supaya tak makan habis baju kamu, batasilah area untuk menyimpan sweater menggunakan kayu cedar atau kamper.

Tidak menanti hingga rusak

Jika ada kancing longgar ataupun tampak ada robekan walaupun kecil di kain rajutanmu, sweater akan memiliki resiko untuk terurai, ataupun paling tidak akan menjadikan robekan jadi semakin besar. Biasanya sweater telah sediakan benang tambahan untuk perbaikan-perbaikan kecil, jadi yakinkan untuk menambal tiap-tiap lubang tersebut secepatnya.




Itulah beberapa tips merawat seater supaya kondisi sweatermu tetap awet, kan kalau gitu bisa ngirit dan tidak terus-terusan membeli dengan sweater baru.