Jan 5, 2014

Kandungan Kosmetik yang Menjadi Penyebab Iritasi Kulit


Salah satu tujuan kosmetik dibuat adalah untuk menjadikan cewek tampak lebih cantik dan juga lebih menawan. Tetapi, beberapa kandungan di dalam product kecantikan malah bisa mengakibatkan iritasi yang menyebabkan tumbuhnya jerawat dan beberapa masalah kulit wajah lainnya.

Beberapa bahan  di dalam make up atau tabir surya bisa seringkali mengakibatkan munculnya persoalan kulit. Oleh karenanya, kamu mesti lebih waspada untuk selalu membaca label dalam paket satu product sebelum memilih untuk membelinya.

Berikut ini adalah beberapa kandungan kosmetik yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit :

Pewarna buatan

Carilah kata FD&C didalam daftar kandungan product (komposisi), yang bermakna bahwa product kecantikan tersebut mempunyai pewarna buatan. Dengan kandungan tersebut bisa menyebabkan iritasi kulit, kemudian bila ada di dalam lipstik ataupun blush on, adanya kandungan itu bisa mengakibatkan iritasi di bagian sekeliling mulut hingga pipi.

Mineral oil

Kandungan mineral oil bisa membentuk selaput di bagian permukaan kulit, hingga memerangkap beberapa sel kulit mati serta bakteri yang jadi pemicu utama munculnya jerawat. Tetapi dibalik semua itu, kandungan ini dapat juga  menyebabkan milia, yaitu munculnya benjolan berwarna putih yang berukuran kecil pada kulit wajah.

Lanolin

Lanolin yaitu arti lain dari sebum (minyak). Walau sesungguhnya baik untuk kulit kering, tetapi kandungan ini tak pas apabila digunakan untuk kulit yang rawan dengan jerawat.

Isopropyl myristate

Isopropyl myristate bisa menjadikan kulit jadi tak berminyak, namun ternyata dapat juga menyumbat pori-pori serta mampu mengakibatkan iritasi pada kulit.

Petroleum

Petroleum ini tak lain adalah sejenis minyak, yang baiknya dihindari oleh kamu yang mempunyai kulit yang rawan muncul jerawat.



Tujuan seseorang memakai kosmetik adalah menjadikan wajah lebih baik dan cantik, tapi akan sangat percuma saja jika keuntungan yang didapat ketika memakai kosmetik memiliki resiko yang riskan dan menyebabkan iritasi pada kulit wajah. Jadinya, bukan wajah malah lebih cantik, tapi wajah lebih dipenuhi jerawat. Maka berhati-hatilah didalam memilih kosmetik demi kecantikan kamu !