Jan 6, 2014

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer


Alzheimer yaitu satu diantara jenis penyakit yang berbahaya. Penyakit ini bisa menjadikan orang menjadi kehilangan akal serta pikirannya. Penyakit Alzheimer juga sering menyerang usia anak muda. Maka dari itu kita sebagai remaja, harusnya berhati-hati dengan penyakit ini. Sesungguhnya alzheimer dapat di pengaruhi oleh faktor genetika, tetapi beberapa ahli kesehatan mempelajari bahwasanya ada aspek lain yang dapat menjadikan seorang diserang penyakit alzheimer. Faktor lain yang dimaksud, diantaranya yakni nutrisi, pendidikan, diabetes, serta karena aktivitas mental dan fisik.

Begitu besarnya dampak penyakit alzheimer, pastinya pencegahan harus dilakukan sebelum terlambat. Alzheimer memanglah sulit untuk diobati, tetapi alzheimer tetap dapat dihindari dan dicegah. Bagaimana caranya mencegah penyakit alzheimer? Di bawah ini  ada 5 hal yang dapat dikerjakan untuk mencegah penyakit alzheimer.

Kurangi makanan yang banyak mengandung lemak

Tidak cuma mengakibatkan obesitas, lemak dapat juga menyebabkan perubahan fungsi otak semakin menurun. Alzheimer dapat juga disebabkan dari jenis makanan yang berlemak. Baiknya kurangilah konsumsi lemak jenuh lantaran bisa menjadikan beberapa sel otak jadi tak efektif. Selebihnya, kurangi juga untuk konsumsi makanan seperti gorengan.

Memakan makanan yang memiliki kandungan antioksidan

Makanan dengan kandungan antioksidan bisa membantu mencegah penyakit pikun serta Alzheimer. Sangat banyak sayur ataupun buah-buahan kaya dengan kandungan antioksidan. Selain sayur dan buah, teh juga memiliki kandungan banyak antioksidan.

Kurangi makanan manis

Makanan manis tak cuma menyebabkan persoalan berat bagi tubuh. Banyak makan manis dapat juga menyebabkan rusaknya otak. Suzanne de La Monte, MD, MPH, seseorang neuropathologist dari Brown University  sudah lakukan riset dan ia tunjukkan bahwasanya terlampau banyak konsumsi gula bisa mengakibatkan resistensi insulin yang memperburuk keadaan otak.

Rajin Olahraga

Rajin berolahraga nyatanya bisa merangsang untuk memproduksi kolestrol baik. Beberapa peneliti telah mengklaim kolesterol baik bisa berperan sebagai anti-inflamasi untuk menghindari terjadinya kerusakan fungsi otak.

Rangsanglah perkembangan otak

Otak mulai berkurang fungsinya waktu umur meraih 30 sampai 40 tahun. Tetapi peneliti memiliki pendapat bahwa seorang bisa mempertahankan kemampuan otak dengan senantiasa rajin belajar. Cobalah untuk pelajari beragam hal baru, memperluas pertemanan sebagai stimulasi, rajin membaca buku, searching di internet ataupun bermain game yang dapat merangsang kemampuan otak.



Itulah beberapa tips untuk mencegah penyakit Alzheimer, semoga dengan tips tersebut bisa membantu kamu supaya terhindar dari penyakit ini.