Jan 6, 2014

Bagaimana Cara Aman Mengemudi Mobil Saat Hujan ?


Ketika mengemudi mobil, apalagi waktu hujan lebat turun. Kamu pastinya harus ekstra hati-hati demi menjaga keamanan saat berkendara. Ini juga wajib kita pahami mengingat banyaknya angka kecelakaan mobil yang kerap terjadi. Maka dari itu sebaiknya jangan lupa untuk melakukan hal-hal berikut ini sebelum kamu berkendara :

Yang pertama pastikan untuk selalu periksa keadaan rem mobil, yakinkan bahwa rem sudah berperan dengan baik supaya ketika hujan bisa lakukan pegereman sesuai fungsinya. Karena bisanya timbulnya kecelakaan, baik waktu hujan maupun tidak. Salah satu penyebabnya adalah rem yang tidak berfungsi. Kemudian silahkan periksa keadaan ban mobil, pastikan bahwa tekanan angin ban telah sesuai dengan aturan standard pabrik, pastikan bahwa isi tekanan angin tak kurang dan juga tak terlalu berlebihan.

Selanjutnya  Periksalah system kelistrikan mobil, khususnya pada sisi lampu mobil, bagian lampu sign dan juga bagian lampu rem, yakinkan seluruhnya sudah berperan sebagai mestinya.  Setelah itu, periksa juga keadaan wiper mobil, yakinkan bahwa karet wiper tak getas serta dapat berperan dengan baik.  Jangan lupa juga untuk bersihkan kaca mobil, terutama pada bagian kaca depan serta bagian belakang supaya pandangan lebih terang serta tak terganggu pada waktu hujan.

Dan yang penting saat berkendara pastikan untuk kurangi  kecepatan laju mobil di saat hujan, suasana hujan adalah situasi yang buruk dalam berkendara. Maka dari itu janganlah suka ngebut, kalaupun memang terpaksa ngebut pastikan untuk selalu hati-hati. Dan yang perlu diperhatikan, jaga juga jarak dari mobil di depan untuk hindari timbulnnya tabrakan. Selain itu, tetaplah waspada apabila melalui genangan air, karena bisa saja ada lubang yang tak tampak kemudian tak sengaja terlewati.


Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mengemudi mobil ketika hujan, jangan lupa juga untuk tetap menaati peraturan lalu lintas, dan membawa perlengkapan seperti Surat Izin Mengemudi dan lainnya.