Dec 23, 2013

Tips Mengatasi Kelelahan di Depan Komputer


Zaman sekarang khususnya yang kerjanya di kantoran tidak akan lepas dari yang namanya computer, laptop, notebook, dan sejenisnya. Namun terkadang kita akan merasa lelah apabila terlalu lama didepan computer, lelah mulai dari otak, mata, punggung, hingga kaki. Walaupun kita diam, justru karena diam itulah yang menyebabkan kelelahan. Apalagi bagi mata, mata kita akan sangat tidak baik apabila berlama-lama didepan PC dan terkena radiasi sinarnya yang begitu kuat. Kalau tidak percaya, cobalah menggunakan PC di tempat yang gelap, matikanlah lampu, dan lihatlah begitu besar radiasi sinar yang dipancarkan oleh PC tersebut.

Yang paling sering lelah ketika duduk dan mengoperasikan computer adalah mata dan punggung. Lalu bagaimanakah cara mengatasi kelelahan itu ? berikut tips-tipsnya :

# Berjalan dan jangan terlalu lama duduk
Jangan biarkan mata terus-terusan menatap layar monitor, juga jangan biarkan tubuh terlalu lama duduk. Berdirilah kemudian berjalan-jalanlah sejenak setiap satu jam duduk. Akan lebih baik lagi kalau melihat tumbuh-tumbuhan hijau supaya mata kembali fresh.

# Tarik napas dengan rileks
Sesekali tariklah napas dalam-dalam dan rasakan udara masuk ke dalam rongga dada kamu, lalu keluarkanlah secara perlahan. Ulangilah beberapa kali sampai tubuh rileks kembali.

# Minum air putih
Minumlah air putih karena akan mempu melumasi tulang dan persedian. Cobalah untuk sering minum air putih, karena kita biasa kekeringan ketika didepan computer. Air putih lebih baik daripada minuman dengan campuran bahan kimia.

# Berbaring sebentar
Rilekskan tubuh kamu dengan bersandar disofa yang empuk atau sejenak tidur di tempat yang empuk, untuk mengistirahatkan tubuh kamu. Tapi, pastikan agar tidak ketiduran yaah…


Tips-tips diatas memanglah sangat sederhana, tapi belum tentu kamu rutin melakukannya untuk menjaga kesehatan serta menghindari kelelahan selama nonstop di depan PC. Pekerjaan memang penting, tapi kesehatan jauh lebih penting. Maka dari itu jagalah kesehatanmu ketika menjalani pekerjaanmu !