Dec 21, 2013

Sudahkah Kita Bersyukur Kepada Tuhan Hari Ini ?


Dalam hidup ada salah satu prinsip, dan prinsip itu ialah bersyukur. Barangkali hari ini atau kemarin kita mendapatkan sebuah kegembiraan, hadiah, hal yang luar biasa bahkan suatu kejutan yang tak terduga. Tetapi saat itu juga kita lupa untuk bersyukur kepada Tuhan. Kita terlalu terfokus dengan apa yang diberikanNya dan lupa kepadaNya. Padahal Dialah yang memberikannya.

Sebenarnya, jika kita mau merenung lebih dalam, banyak sekali nikmat yang harusnya kita syukuri. Misalnya saja kesehatan, cobalah ingat dan bayangkanlah sejenak, sewaktu kita sakit bagaimana rasanya ? dan bagaimana pedihnya ? kemudian hari ini kita masih diberi kesehatan yang kalau dihitung tak ternilai harganya. Betapa bahagianya kita karena nafas masih mampu menghirup udara, mata masih mampu memandangi indahnya dunia dan juga masih bisa memandangi cantik atau tampannya wajah manusia. Bayangkan berapa besar nikmat Tuhan yang diberikan kepada kita hari ini.

Sebagai manusia, apalagi seorang remaja yang tentunya perlu banyak belajar mengenai kehidupan. Seringkali kita lupa terhadap Tuhan, jangankan untuk bersyukur, mengingatNya saja mungkin sudah jarang. Pernah saya medengar kata kata bijak bahwa “Orang yang bersyukur kepada Tuhan saat dia bahagia itu sudah biasa, tetapi orang yang bersukur kepada Tuhan ketika dia digandrungi masalah dan dalam kegalauan itu baru luar biasa”. Sebuah catatan kecil untuk kita bahwa kita harus senantiasa bersyukur kepadaNya bgaimanapun situasinya.


Bahkan jika kita melihat kebawah, sekarang ini masih banyak orang yang hidupnya jauh lebih susah daripada kita. Ada yang untuk makan hari ini saja susah, jangankan untuk lauk pauk, mencari segenggam nasi saja tak ada. Sedangkan diantara kita, terkadang makan tak dihabiskan dan merasa masih kurang enak padahal makanan juga sudah lengkap. Untuk itu, marilah kita bersama-sama untuk memejamkan mata sejenak dan mengucap syukur kepadaNya, itu adalah langkah kecil untuk bersyukur. Untuk langkah berikutnya, saatnya kita memanfaatkan apa yang telah diberikanNya sebaik mungkin. Hingga kita tak akan pernah merasakan bahwa apa yang telah diberikanNya hanyalah sia-sia.