Dec 8, 2013

Renungan Malam : Belajar dari Kunang Kunang yang Bersinar


Sebuah renungan remaja dari seekor kunang kunang. Pada malam hari ketika berada di tempat yang gelap kita tentunya menjumpai hewan serangga yang satu ini. Lihatlah begitu lucunya hewan ini, apalagi ketika mereka dalam jumlah yang cukup banyak. Seakan malam terlihat begitu berwarna dan indah. Itu adalah contoh ciptaan Tuhan yang terlihat indah dimata kita. Yupz, selain kita bisa melihat bintang yang berkedip dimalam hari, kita juga bisa melihat kunang-kunang yang terbang setiap malam.

Lalu apa yang dapat kita pelajari dari kunang-kunang ini ? Oke, begini… Mungkin pernah kita mendapatkan sebuah cobaan atau masalah yang berat mengganggu hidup kita. Seakan kita akan terjatuh dalam dunia, masalah yang begitu berat dan juga tantangan yang begitu sulit bagaikan jalan kegelapan. Namun terkadang kita tak bisa menghadapi masalah itu dan hanyut dalam kegelapan. Maka dari itu kita bisa belajar dari kunang-kunang. Ketika sebuah masalah atau kesedihan muncul, maka kita bisa memunculkan cahaya dalam diri kita. Dan bersinar lalu terbang dalam kegelapan. Lihatlah kunang-kunang, bukankah dia itu kecil ? Namun kenapa kita bisa melihatnya di malam yang gelap gulita ? Itu karena dia punya SAYAP dan CAHAYA…

Bayangkan jika kunang-kunang tak bercahaya, pasti kita tidak akan bisa melihatnya, dan bayangkan jika kunang-kunang tak punya sayap. Maka dia tidak akan terbang dan kita tidak akan bisa melihatnya berada diatas tanah begitu mempesonannya. Lalu apakah cahaya dan sayap dalam diri kita ? Cahaya dalam diri kita adalah hati nurani kita, dan sayap dalam diri kita adalah perbuatan baik kita.

Maka dari itu jika kita ingin melangkah dalam kegelapan dunia, kita bisa gunakan hati nurani dan perbuatan baik. Si kunang-kunang kecil telah mengajari kita tentang kehidupan, dan kita sebagai seorang manusia mungkin bisa belajar darinya. Semoga cerita renungan ini bermanfaat di malam ini, selamat tidur semoga mimpi indah dan hari esokmu semoga lebih baik daripada hari ini !