Dec 22, 2013

Penyakit yang Sering Menyerang Saat Musim Hujan


Musim hujan memang membawa berkah bagi sebagian orang, khususnya bagi petani padi, jagung dan sebagainya. Namun ada juga kalau musim hujan adalah musim yang kurang disukai oleh beberapa orang. Apapaun yang terjadi, perlu untuk kita syukuri karena bagaimanapun hujan yang turun adalah air, air itu yang akan meresap ke tanah dan sangat memungkinkan untuk kita minum kembali.

Kembali ke pembahasan, pada dasarnya seringkali penyakit menyerang di musim hujan. Oleh karenanya, harus berhati-hati ketika musim hujan melanda daerah kita. Inilah beberapa jenis penyakit yang sering menyerang ketika musim hujan :

# Penyakit di saluran pernapasan
Jenis penyakit yang biasa menyerang antara lain, flu, batuk, pilek dan sebagainya hingga infeksi saluran pernapasan. Penyakit ini biasa menyerang jika kondisi suhu yang dingin, sedangkan system kekebalan tubuh terlalu lemah. Sebaiknya, jangan tidur terlalu larut karena biasanya semakin malam udara semakin dingin. Atau paling tidak pakailah pakaian yang tebal misalnya jaket kalau malam hari. Baiknya lagi komsumsilah vitamin serta makanan lain yang mampu menigkatkan kekebalan tubuh.

# Penyakit akibat nyamuk
Serangga kecil yang satu ini memang sangat berbahaya, salah satunya adalah pembawa penyakit DBD atau demam berdarah. Selain itu juga membawa penyakit lainya seperti malaria hingga penyakit kaki gajah. Maka dari itu perlu kamu basmi nyamuk-nyamuk dengan semprotan, atau lindungilah tubuh kamu dengan lotion anti nyamuk. Tapi akan lebih baik lagi untuk mencegahnya dahulu, seperti tidak membiarkan air yang menggenang di sekitar rumah, bersihkan saluran air dirumah dan seterusnya.

# Penyakit Muntaber dan Diare
Selain nyamuk, serangga yang berbahaya lainnya yang sering muncul di musim penghujan adalah lalat. Lalat adalah serangga jorok yang membawa banyak penyakit, maka dari itu jagalah kebersihan makanan dan jangan sampai dihinggapi lalat. Biasakanlah untuk mengkomsumsi makanan yang sehat, namun sehat juga berarti makanan itu bersih atau higienis.

# Penyakit Kulit
Ketika musim hujan, pasti tingkat kelembaban akan naik. Naiknya kelembaban inilah yang memicu penyakit kulit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Oleh karenanya pastikan barang-barang seprti pakaian, sarung bantal, kaus kaki dan sebagainya dalam keadaan kering ketika akan dipakai. Dan jangan biarkan barang tersebut lama dalam keadaan basah atau lembab.


Setelah mengetahui beberapa jenis penyakit tersebut, saatnya kamu Action dan perangi penyakit tersebut ! Ingat mencegah lebih baik daripada mengobati !