Dec 22, 2013

Menggunakan Air Cucian Beras untuk Kecantikan


Beras dari dulu sudah dipercaya bisa memutihkan dan mencerahkan kulit, nenek moyang kita orang Indonesia dahulu sering memanfaatkan beras untuk kecantikan. Seperti beras yang ditumbuk dijadikan bedak ataupun menggunakan air beras sebagai lulur. Tak hanya orang Indonesia, orang Jepang pun demikian. Mereka percaya bahwa beras bisa memutihkan, mencerahkan, dan memuluskan kulit wajah. Orang Jepang menggunakan air beras sebagai pencuci wajah, sampai-sampai air beras yang dibuat mandi.

Salah satu kandungan dalam beras adalah zat oryzanol, zat oryzanol bermanfaat untuk pembentukan pigmen melamin dan cocok untuk melindungi kulit dari sinar UV secara langsung. Selain itu, air cucian beras memiliki kandungan selulosa, protein glutein, gula, hemiselulosa serta vitamin-vitamin lainnya.

Beras mempunyai beberapa jenis warna, beras putih dipercaya cocok untuk kulit normal yang cenderung beminyak, beras hitam yang dipercaya untuk segala jenis kulit namun beras ini cukup langka, serta beras merah yang cocok untuk kulit normal yang cenderung kering.

Cara menggunakan air cucian beras untuk perawatan wajah sangatlah mudah, yang pertama cukup siapkan beras, lalu masukkan dalam kantung yang berbahan kain katun. Selanjutnya silahkan ditumbuk secara pelan-pelan dan jangan sampai kain katun tersebut robek. Setelah beras dirasa cukup halus, celupkanlah kain berisi tumbukkan beras tersebut ke dalam air bersih yang hangat. Setelah itu usapkanlah kantung itu ke wajah kamu sampai merata sepanjang dua menit. Terakhir, bilaslah menggunakan air dinigin.


Nah, mudah bukan ? selain bisa ngirit, beras juga mudah didapatkan. Dan keunggulan lainnya adalah cara ini termasuk cara alami yang mungkin tanpa efek samping. Sekarang bisa kamu praktekin dirumah ! Semoga tulisan ini bisa bermanfaat ya, terlebih bagi kamu yang hobi merawat wajah !