Dec 24, 2013

Kenapa Harus Sikat Gigi Sebelum Tidur ?


Sikat gigi yang baik minimal adalah ketika pagi hari setelah sarapan dan juga saat malam hari sebelum tidur, tapi seringkali kita meninggalkan kebiasaan baik ini khususnya pada malam hari. Padahal sikat gigi saat malam hari justru lebih baik khasiatnya dibandingkan dengan sikat gigi di pagi ataupun siang hari. Gigi yang bersih dan sehat dapat mencerminkan seseorang yang memiliki kepribadian yang baik. Jangan sampai kamu malu tersenyum karena gigi kamu yang tidak bersih atau bahkan gigi yang berlubang. Langkah kecil yang bisa kamu lakukan untuk menjaga gigi agar tetap sehat adalah sikat gigi rutin pada malam hari sebelum tidur.

Kenapa kita harus selalu sikat gigi sebelum tidur ? Salah satu alasan yang paling kuat adalah dikarenakan bakteri perusak gigi akan lebih aktif pada malam hari. Bakteri ini bisa memicu gigi berlubang walaupun dengan cara perlahan-lahan. Bakteri tersebut memanfaatkan malam hari, karena pada malam hari ketika seseorang tidur, maka keadaan air liur berkurang. Dan bakteri ini bisa berulah dengan lebih leluasa. Jadi jangan sampai si bakteri ini menyerang dan merusak gigimu.

Setelah kamu sikat gigi, pastikanlah untuk tidak makan atau ngemil lagi sebelum tidur. Jika kamu lakukan sebeaiknya sikat gigi lagi, karena kan sangat percuma setelah kamu sikat gigi, lalu kamu makan dan akhirnya sisa makanan masih menempel di gigi. Keuntungan lain apabila sikat gigi sebelum tidur adalah ketika bangun pagi, mulutmu terasa segar serta tidak terlalu bau ketika bangun pagi.


Sedikit tips, aturlah jam tidur kamu dan jangan sampai keburu tidur sebelum menyikat gigi. Karena seringkali seseorang tidak menyikat gigi di malam hari hanya gara-gara ketiduran. Menyikat gigi memang mudah untuk dilakukan, tapi belum tentu bisa mudah untuk dilakukan setiap malam. Maka ubahlah sikat gigi malam hari menjadi kebiasaan rutin yang harus kamu lakukan. Jangan sampai kalah dengan bakteri yang setiap saat bisa merusak gigimu !