Dec 24, 2013

Inilah Manfaat Donor Darah Bagi Pendonor


Donor darah selain membantu seseorang yang membutuhkan donor, namun juga bisa bermanfaat bagi pendonornya. Donor darah adalah tindakan yang mulia, namun tentunya tak semua orang bisa donor darah. Harus melewati berbagai persyaratan, mulai dari usia, penyakit yang diderita dan lain-lain. Donor darah juga tidak bisa dilakukan kapan saja, harus paling tidak tiga bulan sekali bagi cowok, dan empat bulan sekali bagi kaum cewek.

Secara umum jenis golongan darah adalah golongan darah A, golongan darah B, golongan darah O, serta golongan darah AB. Setiap golongan darah hanya bisa didonorkan kepada golongan itu sendiri, dan beberapa golongan juga bisa didonorkan ke golongan yang lain.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa dengan donor darah bisa menyeimbangkan kadar zat besi didalam darah. Apabila seseorang memiliki kandungan zat besi yang terlalu banyak, bisa membahayakan jantunganya. Karenanya donor darah juga digunakan untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

Selain itu, donor darah juga mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah yang mengakibatkan darah tinggi. Karena disaat seseorang melakukan donor darah, volume kandungan darah didalam tubuh akan menjadi lebih seimbang. Selanjutnya, donor darah juga dipercaya mampu mencegah resiko terkena penyakit lainya seperti kanker kolon dan kanker tenggorokan.

Palang Merah adalah tempat yang cocok bagi kamu yang ingin mendonorkan darahnya, atau bisa juga di puskesmas ataupun rumah sakit. Sedikit motivasi bagi pendonor, bahwa darah kamu akan sangat berguna bagi seseorang yang membutuhkannya. Berilah sedikit bantuan kepada mereka yang membutuhkan. Karena sebagai manusia hendaknya kita saling tolong menolong dan percayalah bahwa suatu sata kebaikan kita ini akan dibalas oleh Tuhan. Semoga artikel ini berguna dan bermanfaat !. serta jangan sungkan-sungkan untuk mendonorkan darahmu dan jangan biarkan Palang Merah kehabisan stok darah.