Dec 4, 2013

Bersepeda dan Manfaatnya bagi Kesehatan


Ada yang hobi bersepeda ? Nampaknya jika kamu hobi bersepeda sangat beruntung sekali karena ada banyak manfaat dari hobi tersebut khusunya bagi kesehatan tubuh kita. Mau tahu apa saja manfaatnya ? Berikut penjelasan selengkapnya ;


Kemampuan otot

Manusia mempunyai banyak otot yang dipakai tiap-tiap hari untuk melindungi kesehatan. Tidak aktif sepanjang 1 minggu saja akan mampu untuk turunkan kemampuan otot sejumlah 50 % , kemudian merusaknya dalam periode waktu yang cukup panjang. Saat kita bersepeda, otot bakal makin aktif. Ini menjadikan otot makin kuat serta berperan dengan cara lebih efektif.

Tekanan darah

Bersepeda dengan cara teratur dapat menghindarkan ataupun sekurang-kurangnya mampu kurangi tekanan darah. Menjaga dengan baik mengenai tekanan darah pasti  bagus untuk hindari penyakit stroke ataupun rusaknya pada organ yang lain. Tekanan darah dapat juga di turunkan dengan turunkan kecepatan detak jantung, yang dapat dikerjakan dengan bersepeda teratur.

Memperkuat system imun

System imun berperan untuk membuat perlindungan bagi tubuh dari berbagai infeksi dan juga virus. Riset telah tunjukkan bahwasanya aktivitas fisik misalnya berolahraga serta bersepeda dapat meningkatkan kemampuan bagi system imun, hingga menjadikan badan semakin bugar. Diluar itu, bersepeda dapat juga memperkuat system imun dari serangan sel sel kanker serta penyakit tumor.

System kerangka

Kerangka yaitu bagian tubuh yang mendukung organ lain dalam badan kita, seperti halnya otot, tendon, ataupun organ yang lain. Bersepeda dapat menguatkan tulang serta mampu menaikkan fleksibilitasnya untuk aktif bergerak. Bersepeda juga mempunyai faedah yang baik untuk kemampuan dan kepadatan tulang kita.

Obesitas

Bersepeda mampu untuk turunkan resiko kegemukan dan ketinggian berat badan ataupun obesitas sampai 70 %. Dengan berkurangnya berat tubuh, maka bakal makin gampang juga untuk badan supaya mengatur kolesterol. Apabila rajin olahraga semisal bersepeda khususnya di saat masa masa muda akan dapat turunkan terkena resiko obesitas di saat usia tua. Kemudian, dengan berat tubuh yang ideal, system metabolisme dalam tubuh juga akan turut terjaga.

Kesehatan mental

Dengan bersepeda akan mempunyai dampak yang baik untuk menjadikan seorang jadi lebih tenang. Diluar itu, bersepeda dapat juga menstabilkan badan dengan cara fisik ataupun emosional. Bersepeda akan mampu untuk turunkan kekhawatiran, depresi, atau persoalan mengenai psikologi yang lain. Kemudian bersepeda bisa pula untuk menyeimbangkan hormon-hormon dalam tubuh.

Penyakit jantung serta kardiovaskular

Jantung yaitu satu diantara organ utama pada bagian tubuh manusia. Tetapi jantung dapat juga rusak disebabkan karena kurangnya aktivitas atau olahraga. Bersepeda yaitu salah satu olahraga yang baik untuk menjaga kesehatan jantung kita. Seluruh aspek yang dapat mengarah terhadap penyakit serangan jantung dapat dikurangi dengan cara olahraga bersepeda. Bersepeda akan mampu kurangi resiko terkena serangan penyakit jantung sampai 50 %.


Nah daripada kamu punya sepeda yang nganggur, atau udah lama nggak kamu pakai. Bagaimana kalau mulai sekarang untuk mencoba bersepeda lagi  Kan lebih sehat bagi tubuh kita.