Dec 2, 2013

Benarkah Kehujanan Akan Bisa Membuat Kita Sakit ?


Sekarang adalah musim penghujan, dan karenanya sekarang hampir setiap hari terjadi hujan yang lebat mengguyur tempat kita. Terkadang hujan disertai dengan angin yang kencang ataupun petir yang suaranya menggelegar. Tentunya kita tidak bisa dengan mudah meprediksi kapan hujan akan turun, sehingga kadang-kadang kita terjebak dalam suatu tempat dan akhirnya kehujanan. Misalnya ketika kita sedang berkendara memakai motor, dan tak disangka sangka mendung tiba-tiba menjatuhkan air hujan dengan begitu lebatnya sehingga jatuhlah air hujan hingga membasahi tubuh kita.

Yang jadi pertanyaan apakah dengan tubuh yang kehujanan maka kita akan diserang penyakit ? Hmm… jawabanya tentulah benar, kebanyakan setelah kehujanan kita akan mudah terserang penyakit flu hingga disertai dengan batuk pilek yang amat sangat mengganggu kesehatan kita.  Atau ada juga yang alergi dengan air hujan sehingga apabila kehujanan tubuhnya akan memerah atau gatal gatal.

Ketika kehujanan maka suhu tubuh akan turun dan seseorang akan merasakan kedinginan. Ketika tubuh kedinginan maka tubuh akan terpaksa untuk mengeluarkan energy dengan cara berlebihan. Dan apabila daya tahan tubuh seseorang lemah, maka tubuh tidak akan mampu untuk mengimbangi ketika perubahan suhu yang terlalu drastis tersebut. Belum lagi air hujan yang jatuh pastinya akan melewati debu-debu di udara yang mengandung virus penyakit. Jadi, jika orang terkena penyakit setelah kehujanan adalah sesuatu yang cukup wajar.

Namun bagaimanakah jika kita terlanjur kehujanan, dan terhindar dari berbagai macam penyakit tersebut ? Cara yang paling sederhana adalah dengan mandi air hangat dan juga mandi menggunakan sabun anti kuman. Setelah mandi juga sebaiknya untuk mengkomsumsi makanan atau minuman yang hangat seperti teh hangat. Namun bagi yang alergi sebaiknya segera diobati dengan obat.


Jadi kita perlu berhati hati supaya tidak terserang penyakit akibat kehujanan, Apabila berkendara pastikan selalu membawa jas hujan atau mantel sehingga tidak kehujanan dan jangan lupa mandi air hangat setelahnya. Semoga bermanfaat !