Nov 10, 2013

Cara mencegah Dehidrasi pada Tubuh



Dehidrasi adalah suatu kondisi yang terjadi pada tubuh akibat kurangnya cairan. Biasanya seseorang akan melemas, mulut terasa kering dan haus, mengantuk, denyut nadi semakin cepat, mudah pusing dan kesadaran semakin menurun. dan kehilangan konsentasi ketika mengalami dehidrasi. Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi, diantaranya adalah tempat yang panas dan hal yang lain intinya membuat tubuh kekurangan cairan. Karena tubuh harus membutuhkan 1 mili liter air untuk menghasilkan satu kal energy.
Supaya kita tidak mengalami dehidrasi, kita perlu mencegahnya terlebih dahulu. Diantaranya dengan beberapa hal berikut ini :

      1.    Perbanyak  minum air putih

Banyak banyaklah minum air putih minimal 8 gelas sehari. Air putih mampu menstabilkan komposisi ion yang ada dalam tubuh. Selain itu juga mampu menurunkan suhu badan Anda.

2.    Minum minuman yang berelektrolit

Akhir akhir ini sudah banyak produk minuman yang mengandung elektrolit yang mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Minuman berelektrolit akan mudah diserap oleh tubuh serta bisa menggantikan elektrolit di dalam tubuh yang telah hilang.

3.    Minum jus buah alami

Jus buah selain segar dan menyimpan banyak manfaat, ini juga bisa mencegah dehidrasi. Tak hanya dehidrasi saja, jus buah alami juga akan membuat tubuh akan lebih sehat karena kandungan vitamin didalamnya.

4.    Berada di tempat yang sejuk

Dengan berada di tempat yang sejuk, khususnya ketika Anda beristirahat. Adalah salah satu cara untuk mencegah dehidrasi, karena di tempat yang sejuk yang pasti akan terasa lebih nyaman dan tidak membuat tubuh kepanasan dan mengeluarkan banyak cairan lewat keringat.

Itulah beberapa cara untuk mencegah dehidrasi, dehidrasi jangan disepelekan karena akan bisa mengganggu aktivitas Anda. Khususnya akan menurunkan semangat dan daya konsentrasi ketika beraktivitas. Maka sebaiknya Anda perlu mencegahnya dengan beberapa tips diatas.