Oct 12, 2013

Mengobati Penyakit Maag dengan Bahan Alami


Penyakit Maag yaitu penyakit yang diakibatkan oleh asam di dalam lambung yang berlebih dan mengakibatkan iritasi pada selaput lendir di lambung. Adanya asam di dalam lambung dibutuhkan untuk memberi bantuan dalam memproses serta mencerna makanan yang sudah kita makan. Namun jika produksi dari asam lambung terlampau berlebihan hal tersebut akan mengakibatkan penyakit maag. Kemudian selain hal diatas, penyakit ini juga bisa dikarenakan oleh gaya hidup kita yang tak sehat atau tak teratur seperti halnya kebiasaan makan yang tak teratur, makanan yang terlampau pedas, makanan berminyak, kebiasaan merokok yang berlebihan, kebiasaan untuk minum kopi atau minum alkohol, Selain itu stres juga jadi salah satu diantara factor pemicu penyakit maag.

Ternyata penyakit maag kebanyakan menyerang orang yang mempunyai aktivitas tinggi, hingga gaya hidup dan juga makannya menjadi tak teratur. Dan Penyakit maag akan bisa di ketahui dari ciri-cirinya yakni perut akan merasa kembung, perut merasa mual sampai muntah, terjadi nyeri pada hulu hati, kerap bersendawa, serta cepat sekali merasa kenyang ataupun lapar.

Ada sebagian bahan alami yang bisa dipakai untuk mengobati penyakit ini. Dengan bahan alami maka akan membuat kita bebas dari zat kimia yang bisa menambah timbulnya penyakit-penyakit baru yang dikarenakan oleh pemakaian bahan kimia. Dan inilah beberapa bahan alami untuk sakit maag :

  v  Lidah buaya

Lidah buaya juga bisa dipakai untuk obat sakit maag, terdapat kandungan aloin, resin, aloin-emodin, polisakarida dan juga tanin pada lidah buaya yang baik bila dgunakan untuk menyembuhkan maag. Selain itu ada zat aktif lain yang diidentifikasi sebagai Aloctin A serta Aloctin B. Kandungan yang bermanfaat lainnya yaitu adanya Aloin dan juga Antrakinon yang mampu untuk menambah produksi dari prostaglandin. Diluar semua itu, lidah buaya juga memiliki manfaat antiinflamasi. Kandungan gel lidah buaya dipercaya memiliki kandungan bradykinase, yakni enzim yang digunakan sebagai pemecah sumber inflamasi, dan bradykinin.
Untuk Pemakaian : Silahkan kupas kulit dari lidah buaya kemudian bersihkan sampai lendirnya menyusut, setelah itu Rebus sampai masak (air mendidih). Hidangkan dengan memberikan madu untuk kurangi rasa pahitnya ataupun bisa pula jadikan sebagain jus dengan memberikan madu.

  v  Kacang hijau

Kandungan di dalam kacang ijo akan dapat menjadikan susunan lambung tidak tipis serta mampu untuk kurangi kandungan asam didalam lambung yang menyusut, 
Untuk pemakaian : Silahkan bersihkan kacang hijau, setelah itu di keringkan dengan langkah dijemur terlebih dahulu, kemudian sangrai kacang hijau sampai masak lalu tumbuk sampai halus, Ambillah 1 sdm bubuk kacang hijau kemudian campur dengan air hangat, setelah itu Anda bisa minum tiga kali dalam 1 hari.

  v  Kunyit

Kunyit dipakai untuk obat sakit maag, dan terhitung sebagai salah satu obat alami yang paling di kenal orang untuk menyembuhkan sakit maag. Terdapat kandungan kurkumin dan juga kurkuminoid serta adanya minyak atsiri telah dibuktikan akan mempunyai dampak antioksidan, antiradang, antibakteri, dan juga antikanker hingga baik untuk digunakan untuk obat sakit maag serta obat penyakit yang lain.
Untuk Pemakaian : Ambillah 2 ruas kunyit kemudian kupas, lalu bersihkan kunyit kemudian parut kunyit tersebut, Setelah itu imbuhkan dengan air putih matang dan juga peras untuk mengambil sarinya. Setelah itu silahkan diminum 2 x sehari, diminum pagi saat sebelum sarapan serta ketika malam saat sebelum tidur.

  v  Pisang raja

Pada pisang raja terdapat zat-zat yang berbentuk antitukak peptik, Karena kandungan dari pektin yang tinggi di dalam pisang akan mampu untuk membuat perlindungan selaput lendir pada lambung akibat dari asam lambung.
Untuk pengggunaan : Pertama silahkan tentukan pisang yang telah tua dan juga belum masak, kemudian keringkan pisang dengan langkah kupas kulit pisang. Terlebih dahulu, lalu potong pisang menjadi kecil-kecil seperti bentuk keripik lalu dijemur (janganlah langsung di bawah sinar matahari, cukup diangin-anginkan), sesudah menjadi kering buat jadi bubuk dengan cara di tumbuk ataupun blender. Ambillah 2 sendok dari bubuk pisang, lalu campurlah dengan madu, Anda bisa mengonsumsi 2 x 1 dalam sehari pada saat pagi dan juga malam.

  v  Susu kambing

Susu kambing merupakan jenis basa hingga dapat  membantu untuk menetralisir pada asam lambung yang telah berlebihan.


Itulah beberapa obat olami untuk penyakit maag. Yang dapat Anda manfaatkan sebagai obat alami. Tapi sebelum mencobanya alangkah baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang Anda percayai.