Oct 21, 2013

Mengapa Bintang Selalu Tampak Berkedip ?


Jika langit malam tak tertutup mendung maka kita dengan indahnya mata kita akan melihat ribuan cahaya berkedip bertaburan dilangit. Dan itulah bintang, mereka selalu tampak indah seperti lampu dunia yang menyinari angkasa. Belum lagi mereka senantiasa mengedip ke arah kita yang seakan berbicara kepada kita. Lalu kenapa sih bintang selalu berkedip ?

Sempatkah kamu lihat suatu koin yang berada pada dasar kolam renang? Hmmm... Koin tersebut pastinya akan terlihat bergelombang dikarenakan air pada kolam renang telah membelokkan sinar yang telah dipantulkan oleh koin. Hal itu sama ketika kamu melihat bintang. Bintang yang bercahaya akan mempunyai sinar yang melewati sebagian mil dari atmosfer bumi ini sebelum bisa dilihat oleh mata kita

Atmosfer bumi akan alami pergolakan beserta angin yang telah berhembus serta pusaran terbentuk, lalu berputar dan juga menyebar. Kegiatan ini melakukan tindakan seperti lensa dari suatu prisma yang mampu membelokkan sinar bintang dari satu arah ke arah yang lain dalam hitungan hingga per detik. Untuk sebagian benda langit yang tampak besar seperti halnya bulan, rata-rata proses pembelokan cahayanya akan keluar dan juga menyebar hingga senantiasa tampak bersinar dan tidak terlihat berkedip. Tidak sama dengan bintang yang memiliki letak yang sangat jauh, lalu sumber cahayanya berbentuk titik hingga waktu masuk ke dalam atmosfer, maka akan segera dibelokkan dengan  cepat. Kemudian mengakibatkan bintang terlihat berkedip.

Beragam planet seperti planet Mars, planet Venus, dan juga Jupiter yang dilihat dari bumi terlihat seperti bintang yang terang karena letaknya lebih dekat, hingga cahayanya tak mampu terbelokkan, tetapi kadang-kadang juga berlangsung kerlap-kerlip yang beragam  yang datang dari planet ini.


Ya mungkin Tuhan telah menciptakan bintang supaya ketika di malam hari kita bisa melihat bintang itu. Hingga kita bisa mengatakan “Betapa besar dan betapa indahnya ciptaanMu Tuhan !”. Bintang yang berkedip itu juga menjadi inspirasi bagi kita, apalagi ketika kita bersedih. Mungkin daripada ketika kamu bersedih atau galau menghabiskan waktu di kamar. Tak ada salahnya untuk membuka jendela atau keluar rumah untuk menikmati betapa indahnya pemandangan langit di malam hari.