Oct 18, 2013

Makanan Untuk Melawan Batuk dan Pilek


Cuaca tak menentu benar-benar merubah keadaan tubuh kita. Nampak sebagian keluhan penyakit misalnya penyakit batuk dan juga pilek. Hal semacam itu pasti benar-benar mengganggu pekerjaan Anda. Tak hanya mengganggu kesehatan Anda, batuk ataupun pilek juga menjadikan mood Anda jadi tidak menentu. Serta membuat Anda merasa semakin malas hingga tidak bergairah untuk beraktivitas. Carin Gorrell, Seorang Direktur Nutrisi SELF telah berikan sebagian panduan mengenai makanan yang bisa melawan atau mencegah batuk dan pilek. Simak penuturannya di bawah ini :

  v  Brokoli
Penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Nutritional Biochemistry telah tunjukkan bahwasanya sayur yang berdaun hijau dapat memperkokoh sistem imun. Kemudian terdapat kandungan nutrisi didalam brokoli yang dapat memberi bantuan tubuh untuk melawan beberapa jenis penyakit.

  v  Susu skim
Kekurangan vitamin D akan bisa merubah kerja darah putih ketika melawan penyakit. Hal semacam ini menjadikan darah putih tak bisa bereaksi ataupun melawan penyakit dengan cara yang efisien. Susu skim banyak memiliki kandungan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

  v  Teh
Suatu studi dari Kampus Harvard sudah mengatakan bahwasanya peminum teh mempunyai sel imun lebih kuat untuk melawan penyakit dibandingkan dengan peminum kopi. Apalagi teh hijau, Teh hijau benar-benar baik untuk kesehatan, lantaran teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi.

  v  Paprika merah
Anda kerap memikirkan bahwasanya buah-buahan citrus memiliki banyak kandungan vitamin C. Itu memang benar, tetapi paprika merah juga mempunyai kandungan vitamin C yang tiga kali lebih banyak daripada buah jeruk.

  v  Yogurt
Probiotik adalah bakteri yang terdapat didalam yogurt, Probiotik dapat memperkuat sistem imun serta mampu untuk turunkan risiko penyakit gusi dan sebagian dari type penyakit kanker.

  v  Blueberries
Suatu penelitian di USDA Agriculture Research Service mengatakan bahwasanya berries termasuk makanan ampuh untuk melawan penyakit karena mempunyai kandungan anti-oksidan.

  v  Keju dari susu kambing
Keju ini memiliki kandungan zat tembaga serta dapat melindungi sistem imun. Dan keju ini cuma memiliki kandungan 76 kalori serta 4 gr lemak jenuh.

  v  Kwaci labu
Kwaci  dari biji labu ternyata kaya dengan kandungan zinc, yang merupakan suatu mineral yang bagus untuk sistem imun. Makanan ini nyatanya juga dipercaya dapat kurangi tanda-tanda flu, tetapi sebaiknya janganlah makan dengan jumlah yang terlalu berlebih. Wanita yang berumur 19 keatas memerlukan 8 mg /hari, namun pria memerlukan 11 mg /hari.

  v  Jamur yang sehat
Suatu studi mengatakan bahwasanya jamur memiliki kandungan antiviral serta atibakterial. Jamur juga menjadi sumber vitamin D yang baik terhadap sistem imun.


Anda bisa mengkomsumsi beberapa jenis makanan tersebut untuk melawan penyakit batuk pilek yang kerapkali mengganggu Anda ketika beraktivitas.