Oct 6, 2013

Kebiasaan Yang Tidak Baik Untuk Otak


Kalau kita membahas mengenai otak, akan banyak sekali bahasannya. Otak merupakan sistem saraf yang bisa mengendalikan aktivitas kita. Tanpa otak, bayangkan saja apa yang terjadi pada manusia ? Huh, yang pasti bisa dibilang bukan manusia namanya kalau tidak punya otak. Namun tahukah Anda kebiasaan berikut ini secara perlahan mampu merusak atau menngganggu kerja otak. Apa saja hal-hal yang tidak baik untuk otak ? Yuk kita bahas bersama dalam artikel yang sederhana ini :



Merokok

Bagi yang suka merokok tentunya akan menghisap asap-asap itu. Dengan merokok menyebabkan otak manusia bisa kehilangan fungsi secara perlahan dan juga menyusut.

Tidak Sarapan

Jika kita tidak sarapan, otomatis kita tidak memberikan nutrisi kepada tubuh kita di pagi hari. Hal ini menyebabkan turunnya kadar gula dalam darah yang juga menyebabkan kemunduran pada otak. Maka dari itu biasakanlah sarapan di pagi hari, walau hanya sekedar roti dan juga susu.

Kebanyakan Makan

Sebaliknya dari poin sebelumnya, justru dengan kebanyakan makan membuat pembuluh darah otak semakin mengeras dan membuat menurunya kekuatan mental seseorang.

Kebanyakan Gula

Apabila Anda suka makan yang manis-manis, saatnya Anda menguranginya, Karena jika kebanyakan gula menyebabkan menghalanginya penyerapan gizi dan juga protein. Dengan halangan itu menyebabkan tubuh kekurang nutrisi sehingga perkembangan pada otak akan terganggu.

Terlalu banyak pikiran dan beban

Jika Anda stres dan banyak pikiran karena punya banyak masalah. Sebaiknya Anda harus meredakannya dengan menyelesaikan masalah satu per satu. Karena bila tidak, akan mengakibatkan otak akan merasa lelah bahkan pusing di kepala.

Kurang berpikir

Sebaliknya dari poin sebelumnya, jika otak kita tidak dibiasakan dengan berpikir maka fungsi kinerja otak kita semakin menurun. Intinya Anda harus membiasakan untuk berikir tetapi secukupnya dan jangan menjadikan beban di otak.

Kurang Komunikasi

Ternyata dengan kurang komunikasi juga membuat manusia merasa sangat sendiri, dan merasa kesunyian. Akibatnya otak akan terlalu banyak berpikir dan melamun sendiri, ini juga seperti terlalu banyak pikiran yang mengakibatkan stres pada pikiran.

Kurang tidur

Otak memerlukan istirahat setiap harinya, jangan biasakan untuk memaksa otak terlalu berpikir hingga sampai kurang istirahat. Jika Anda kurang tidur, otak Anda akan semakin terbebani dan kelelahan.

Menutupi kepala saat tidur

Ketika Anda tidur juga perlu diperhatikan, terutama jangan menutup kepala saat tidur. Apabila Anda menutup kepala ketika tidur maka karbondioksida yang diproduksi selama Anda tidur menjadi terkonsentrasi sehingga membuat otak tercemar dan apabila terlalu sering maka menyebabkan pengaruh kerusakan otak.

Polusi Udara

Polusi udara mengandung banyak gas kimia yang berbahaya, dan itu juga berpengaruh pada otak. Karena otak memerlukan oksigen, maka dari itu jangan berada di tempat yang mengandung banyak polusi udara.


Ternyata banyak pula hal yang berpengaruh tidak baik kepada otak kita. Dengan ini kita bisa mengetahui bahwa melakukan hal sekecil apapun itu akan sangat berpengaruh pada kesehatan kita terutama pada otak.