Oct 7, 2013

Cara Menggosok Gigi Yang Benar


Menggosok gigi merupakan kebiasaan kita sebagai orang yang selalu menjaga kesehatan gigi. Akan tetapi menggosok gigi yang asal-asalan juga sangat berpengaruh kepada gigi kita, selain itu juga berpengaruh kepada gusi kita. Bagaimana langkah-langkah yang benar dalam menyikat atau menggosok gigi ? Simak langkah-langkah berikut ini :

1# Siapkan Sikat Gigi dan Pasta Gigi yang sesuai

Pilihlah sikat yang terasa nyaman apabila digosok di gigi Anda, dan pastikan sikat akan nyaman bila dipegang. Perhatikan pula bulu-bulu sikat itu, apakah itu sudah mampu untuk menggosok seluruh bagian dari gigi Anda. Setelah anda menyiapkan sikat yang bagus, saatnya Anda memilih Pasta Gigi. Pasta gigi tentunya sangat berpengaruh. Maka dari itu sesuaikanlah pasta gigi dengan yang Anda butuhkan. Misalnya gigi Anda adalah gigi sensitif, maka sebaiknya Anda pilih pasta gigi yang khusus untuk gigi sensitif.

2# Gosok Gigi Minimal dua kali sehari

Jadwalah kegiatan rutin ini, usahakan Anda menyikat gigi di pagi hari setelah sarapan dan juga sebelum tidur. Dengan membiasakan kebiasaan ini maka otomatis gigi Anda akan terjaga dengan lebih baik.

3# Sesuaikan banyak pasta gigi

Pastikan banyak pasta gigi adalah sesuai dengan panjang bulu sikat gigi. Jangan kurang dan jangan lebih, biasanya sikat gigi memiliki panjang bulu sikat sudah disesuaikan dan diatur. Jadi Anda tidak perlu sulit untuk menentukan jumlah pasta gigi setiap kali Anda melakukan gosok gigi.

4# Gosok dengan lembut         

Gosoklah gigi secara perlahan, mengingat ada sebagian orang setelah gosok gigi malah gusinya berdarah. Menggosok gigi harus pelan-pelan dan pastikan setiap gosokan mengenai bagian gigi keseluruhan.

5# Sikat gigi dengan Gerakan Memutar

Anggaplah Anda sedang menggambar di gigi menggunakan sikat gigi, gosoklah gigi dengan gerakan memutar mulai dari bagian depan sampai bagian belakang. Pastikan semua sudah Anda gosok dan tak ada yang terlewatkan. Termasuk bagian yang sulit dijangkau.

6# Berkumurlah sampai tak ada busa

Terakhir saatnya Anda berkumur sampai benar-benar tak ada busa yang tersisa. Berkumurlah dengan air bersih ataupun dengan cairan untuk berkumur pembasmi kuman. Karena biasanya setelah kita menyikat gigi masih meninggalkan kuman di mulut. Sebaiknya Anda berkumur dengan cairan yang khusus untuk berkumur setelah sikat gigi.


Itulah beberapa cara menggosok gigi yang benar. Mudah saja untuk dilakukan hal diatas, yang sulit adalah membiasakannya. Maka dari itu gosoklah gigi secara rutin supaya gigi Anda lebih sehat dan lebih terlihat bersih.