Oct 20, 2013

Cara Mengatasi Rambut yang Bercabang


Rambut yang bercabang adalah salah satu jenis kerusakan pada rambut. Rambut bercabang sesungguhnya dikarenakan rambut dalam kondisi yang  kering yang kelembabannya benar-benar kurang. Hingga ujung-ujungnya jadi pecah-pecah, kemudian warnanya juga berganti. Bila dibiarkan begitu saja maka makin lama batang rambut bakal semakin rusak. Sampai menjadikan berkurangnya tingkat kesuburan rambut.

Beberapa faktor penyebabnya diantaranya cara menyisir yang salah, cara keramas yang salah, pemakaian bahan kimiawi yang berlebih,  disebabkan hair dryer, ataupun cahaya matahari. Pada ujung rambut yang bercabang di kenal dengan trichoptilosis. Waktu pecahnya ujung rambut berlangsung, kutikula yang membuat perlindungan rambut menjadi mengelupas yang disebabkan oleh perlakukan yang terlalu berlebih pada rambut. Biasanya ujung rambut yang telah rusak akan terbelah jadi dua ataupun tiga dengan panjang bekisar 2-3 cm.
Ada sedikit panduan supaya menghindari rambut bercabang, berikut panduannya:

Perhatikan Ketika Keramas dan Menyisir

Menyuci rambut dalam situasi rambut yang kusut bakal mengakibatkan rambut menjadi patah dan juga rusak. Dan ketika menyisir, sebaiknya sisir rambut terlebih dulu dengan sisir yang jarang supaya rambut tak mudah kusut waktu dikeramas. Kemudian tambah baik bila berkeramas dalam posisi yang tegak, hingga posisi rambut menjadi lurus.

Pakai kondisioner

Ingatlah bahwasanya conditioner itu benar-benar penting supaya melembabkan rambut dari luar. Dalam situasi rambut yang kering, sebaiknya rambut terlindung secara baik. Nutrisi dari conditioner akan melindungi kelembapan dan juga menjaga tiap-tiap jaringan dari batang rambut sampai sehat kembali.

Tidak mengeringkan rambut menggunakan handuk secara kasar

Rambut bercabang berarti rambut dalam situasi yang rapuh, bila digosok maka rambut akan terluka dan rusak. Maka dari itu, pakai handuk yang permukaannya lembut dan dapat digunakan untuk menyerap dari sisa air sesudah keramas, kemudian cukup angin-anginkan saja. Jangan biasakan menggosok rambut menggunakan handuk secara kasar supaya tak melukai sisi batang rambut.


Nah yang telah terlanjur rambutnya sudah bercabang dapat mengobatinya dengan bahan alami dibawah ini :

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mempunyai khasiat untuk rambut yakni mampu menangani rambut yang bercabang. Didalam kandungan minyak zaitun, dipercaya bisa memberi bantuan rambut untuk tumbuh lebih sehat dan juga kuat. Saat rambut menjadi sehat serta nutrisi yang diperlukan rambut sudah tercukupi maka membuat rambut tak akan mudah menjadi bercabang. Buatlah minyak zaitun cukup dengan mencampurkannya dengan madu, pakai ramuan itu untuk mengolesi semua bagian permukaan rambut serta kulit kepala, terutama pada bagian ujung rambut.

Alpukat


Buah alpukat dipercaya mempunyai banyak khasiat untuk rambut. Terdapat kandungan vitamin yang sudah dapat dibuktikan dengan cara klinis (riset) yang benar-benar baik untuk kulit dan juga rambut. Terlebih lagi adanya kandungan vitamin E, vitamin E ini benar-benar baik untuk bagian rambut lantaran bisa menjadikan rambut terlepas dari persoalan rambut yang bercabang. Caranya : Ambillah daging buah alpukat, lalu haluskan menggunakan blender hingga seperti cream. Kemudian gosok-gosokkan pada permukaan rambut serta ujung-ujung rambut. Tunggulah sampai 20 hingga 30 menit. Lalu basuh dengan air yang bersih. Kerjakan cara ini dengan teratur.