Oct 24, 2013

Benarkah Air Kelapa Itu Menyehatkan ?


Mungkin saat terik matahari menyengat maka Anda memutuskan untuk minum air kelapa. Air murni ini memang sangat segar dan juga sangat mampu untuk penghilang dahaga. Apalagi kita meminumnya dengan sedikit tambahan es didalamnya, belum lagi jika diminum di pinggir pantai bersama seseorang yang Anda cintai. Pasti terkesan sangat menyenangkan.

Air kelapa yaitu cairan yang terbentuk dengan cara yang alami di dalam buah kelapa. Ini merupakan minuman yang kerap ditemukan di berbagai negara beriklim tropis. Sebagian perusahaan juga sudah memasarkannya untuk minuman yang mampu menambah energi. Air kelapa memiliki kandungan 94% air dan juga cukup rendah akan kalori.  Air kelapa adalah sumber potasium, vitamin B, enzim , elektrolit, serta asam amino. Sebagian zat yang ada didalam air kelapa dengan cara teoritis mempunyai khasiat sebagai antioksidan didalam tubuh. Suatu studi telah tunjukkan bahwasanya minum air kelapa mampu untuk kurangi resiko terserang penyakit serangan jantung. Di pihak lain, terdapat suatu penelitian kecil juga telah temukan bahwasanya air kelapa bisa untuk turunkan tekanan darah sistolik pada 71 persen pasien yang terkena hipertensi.

Apakah akibat apabila kebanyakan minum air kelapa? Setahu saya belum terdapat penelitian yang jelas perihal bahaya dari minum air kelapa, selama ini belum ada bukti bahwasanya air kelapa menyebabkan hal yang berbahaya.  Akhir-akhir ini air kelapa sudah di pasarkan untuk dijadikan sebagai jenis minuman penambah energi ataupun minuman untuk atlet olahraga. Minuman ini memiliki kandungan kalium serta kandungan mineral yang cukup tinggi.   


Air kelapa sudah diakui mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Semoga nantinya ada suatu studi lagi yang betul-betul menuturkan perihal manfaat dan juga  bahaya dari air kelapa dengan cara yang ilmiah. Oh ya air kelapa adalah bagian dari kelapa. Kalau bicara mengenai kelapa, tumbuhan ini memiliki banyak manfaat mulai bagian daun sampai akar-akarnya. Coba deh mulai dari daunnya biasa dibuat untuk bungkus ketupat, ditengah daunya terdapat lidi yang bisa untuk sapu, kemudian kayu dan akarnya untuk kayu bakar dan desain seni lainya. Apalagi buahnya, selain terdapat isi kelapa yang biasa dibuat santan juga terdapat air kelapa yang sangat segar rasanya ketika diminum.