Sep 21, 2013

Hubungan Tak Cukup Hanya diisi Cinta


Mencintai seseorang dan dicintai sebagai imbalannya, bersama dengan kesehatan yang baik dan kemandirian finansial, itulah yang dinginkan kebanyakan orang ketika menjalin hubungan percintaan. Berada dalam hubungan cinta membuat kita merasa senang, aman dan nyaman.  Cinta memberi kita rasa prestasi dan memungkinkan kita untuk menyeimbangkan ketegangan dan tekanan dalam kehidupan kita dengan pengetahuan bahwa ada seseorang di sana untuk memberikan dukungan di saat krisis dan berbagi saat-saat kebahagiaan.

Pernahkah kehilangan perasaan cinta ?. Pernahkah mulai mempertanyakan apa yang kamu lihat pada pasanganmu ? Pernah membayangkan antara mencintai mereka dan kebencian mereka ? Pernahkah berpikir apakah dengan mencintai saja hubungan akan selalu lancar ? Satu menit ketika kamu ingin bersama mereka, menit berikutnya pernah berharap bagaimana ketika terpisah. Kamu akan bingung dan heran mengapa tiba-tiba, semuanya tampaknya telah salah.

Alasannya adalah karena hubungan tak cukup diisi dengan cinta

Fakta sejati kehidupan bahwa  cinta adalah bagian yang sangat penting dari sebuah hubungan, tanpa hal-hal lain, semua yang pernah kamu miliki adalah mimpi yang tidak pernah cukup menjadi kenyataan. Untuk membantu meningkatkan dan menghayati rasa cinta, kamu perlu kepercayaan, rasa hormat, kesetiaan, semangat dan fokus dalam hubungan. Tanpa ini, semua yang pernah kamu miliki adalah hubungan cinta dua dimensi.

Kembali pada tahun 1943, psikolog AS dan akademik Abraham Maslow menulis sebuah makalah berjudul A Theory of Human Motivation, di mana ia menjelaskan Hirarki sekarang terkenal dengan Kebutuhan Manusia. Kebutuhan ini biasanya direpresentasikan sebagai piramida. Dari bawah ke atas, dan kebutuhan itu adalah:

Uang : Tanpa uang dan kekayaan bagaimana cinta akan terasa harmonis ? tentu saja tidak. Memang cinta juga perlu tapi tanpa uang cinta tidak akan hidup

Pangan : Makanan adalah hal yang penting, jika makanan cukup dan terpenuhi maka cinta pun akan terasa terpenuhi, Karena seseorang juga butuh makanan,. Tak mungkin jika orang akan makan cinta

Sandang : Sudah bisa dibayangkan sendiri pakaian adalah hal pokok yang harus dipenuhi. Mode pakaian un semakin hari semakin berkembang dan menarik.

Papan : Tempat tinggal merupakan hal yang penting sekali apalagi dalam berkeluarga.

Aman : Khususnya bagi cewek bahwa keamanan dan perlindungan adalah sesuatu yang amat penting

Love/Belonging : Kebutuhan untuk memiliki hubungan seksual dan non-seksual, untuk memulai sebuah keluarga atau bergabung dengan klub, geng, agama atau kelompok masyarakat,

Esteem: kebutuhan diri dan harus diakui dan dihormati oleh orang lain.

Aktualisasi Diri: kebutuhan manusia untuk membuat sebagian besar dari kemampuan mereka yang unik, misalnya wartawan harus menulis untuk bisa bahagia dengan dirinya sendiri.


Itu hanya beberapa kebutuhan saja, sebenarnya masih banyak lagi. Misalnya mulai keinginan membeli barang, keinginan untuk rekreasi dan sebagainya. Maka dari itu jika kamu hanya mengandalkan cukup dengan cinta. Maka itu tidak cukup, ingatlah bahwa kita itu makhluk sosial dan makhluk yang tak pernah puas dengan apa yang kita punya. Intinya siapkan hal lain yang mengiringi cintamu. !