Sep 19, 2013

Hal Yang Dapat Merusak Mata


Kesehatan mata telah semestinya dijaga dengan baik. Tetapi pola hidup, budaya kerja, rutinitas makan, lingkungan yang tercemar serta sikap pada diri sendiri kerapkali justru membahayakan mata. Apalagi tanpa disadari ada banyak hal yang bisa mengakibatkan kerusakan kesehatan mata, dimulai dari merokok sampai pola diet yang salah.

Rusaknya pandangan mata adalah perihal yang barangkali dihadapi pada umur muda bila tidak dijaga dengan baik. Sempatkah kamu berpikir apa saja yang dapat mengakibatkan menyusutnya kekuatan mata untuk lihat lebih jernih ? Inilah sebagian factor yang bisa mengakibatkan kerusakan kesehatan mata :

1. Merokok
Merokok mempunyai banyak dampak jelek pada kesehatan dengan cukup total, dan mengakibatkan kerusakan pandangan mata. Rokok memiliki kandungan zat kimia didalam jumlah banyak serta merugikan sisi peka dari retina yang disebut dengan makula. Saat beberapa sel makula mati, maka rusaknya pada mata dapat makin berlangsung.

2. Mengerutkan mata
Kadang-kadang tanpa sadar kita meletakkan terlampau banyak tekanan pada mata, contohnya waktu bekerja di depan komputer, ketika melihat tv, saat bermain video game, serta membaca dengan waktu yang berjam-jam. Tekanan yang terlalu berlebih ini membuat otot-otot di mata akan mengalami gangguan. Yang selanjutnya membuat penglihatan dapat mengalami masalah yang serius.

3. Cahaya ultraviolet
Waktu tuturan cahaya matahari tengah amat menyengat, kamu akan dianjurkan untuk menggunakan kacamata hitam. Kenapa dianjurkan demikian ? karena cahaya UV yang datang dari matahari bisa membahayakan mata dan juga membakar kornea serta mengakibatkan kerusakan lensa mata dan retina. Disamping itu, akibat dari tuturan cahaya UV yang terlalu berlebih pada mata juga menambah risiko katarak.

4. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi amat beresiko untuk mata bila tidak diobati. Kondisi ini mengakibatkan kerusakan pembuluh darah di retina, yakni tempat di belakang mata yang berperan untuk fokus yang dilihat oleh mata. Penyakit ini dikenal sebagai retinopati hipertensi.

5. Diabetes
Bila kamu pasien yang menderita diabetes, kamu akan mudah terkena sebagian penyakit mata seperti glaukoma. Kondisi ini dimaksud juga sebagai retinopati diabetes, yakni dimana retina akan alami rusaknya kronis. Sekarang ini, glaukoma adalah penyebab utama kebutaan serta penglihatan yang kabur.

6. Alkohol
Konsumsi alkohol yang terlalu berlebih bisa beresiko untuk tubuh, termasuk juga pada mata. Perihal itu bisa mengakibatkan masalah pada penglihatan serta kesehatan mata dengan total. Dampak dari konsumsi alkohol terlalu berlebih diantaranya penurunan kinerja visual, mengakibatkan reaksi pupil melambat, kerap terkena migrain, mengalami mata kemerahan, serta penurunan sensitivitas kontras penglihatan.

7. Diet yang tidak sehat
Bila kamu tengah ikuti diet yang tidak sehat, maka tubuh menjadi tak lagi memperoleh nutrisi mutlak apalagi untuk mata. Kondisi inilah yang membuat kamu akan menjadi lebih rawan terkena penyakit mata. Selain itu, kekurangan vit. A bisa mengakibatkan kebutaan, mengalami kesusahan ketika melihat saat malam hari, serta mata yang mengering. Tidak cuma itu, kekurangan vitamin yang lain seperti vit. B12 juga bisa mengakibatkan penglihatan menjadi kabur.

8. Memakai komputer
Komputer sekarang ini telah jadi keperluan yang sangat penting, baik untuk bekerja ataupun untuk belajar. Tetapi masalahnya yaitu kita tidak paham batas kekuatan tubuh untuk melakukan aktivitas di depannya. Tiap-tiap harinya, kita lihat layar komputer sepanjang kian lebih 5-6 jam serta terkadang tidak berikan jeda istirahat untuk mata. Apalagi tanpa sadar, sepanjang bekerja kita seringkali lupa untuk berkedip. Perihal seperti ini mengakibatkan ketegangan pada mata, terjadi kelelahan pada mata, mengalami iritasi, kurangnya kepekaan terhadap sinar yang masuk, serta bahkan mengalami penglihatan yang ganda.


Maka dari itu mulai sekarang mari kita jaga kesehatan mata dengan baik. Jangan sampai indra yang dapat kita gunakan untuk melihat ini. Menjadi rusak karena kita akan rugi untuk selamanya ketika hidup di dunia.