Sep 21, 2013

Bahaya Merokok di Pagi Hari


Merokok pada pagi hari, apalagi ditemani secangkir kopi, sudah menjadi rutinitas yang sulit untuk dihindari. Namun, kebiasaan tersebut tampaknya perlu dihentikan karena merokok pada pagi hari lebih berbahaya daripada merokok pada siang atau malam hari.

Penelitian tunjukkan bahwasanya merokok sesudah bangun tidur dapat menambah risiko kanker pada paru-paru, pada leher serta kepala. Pagi hari para perokok akan mempunyai tingkat nikotin serta racun yang lain dari tembakau di dalam tubuhnya. Selain itu, mereka juga akan  lebih condong kecanduan dari pada perokok yang telah menahan diri untuk merokok pada waktu 1/2 jam atau lebih sesudah bangun dari tidurnya, kata salah seorang peneliti yaitu Joshua Muscat yang berasal dari Penn State College of Medicine.

Untuk tahu kenapa sebagian para perokok terkena penyakit kanker serta ada yang tidak terkena penyakit, Muscat serta timnya sedang meneliti tentang kaitan pada risiko kanker ketika merokok di pagi hari.

Penelitian pertama telah melibatkan sejumlah 4775 pasien menderita kanker paru-paru serta 2. 835 perokok yang tanpa menderita penyakit kanker paru-paru. Mereka yang telah merokok selama 30 menit sesudah bangun ternyata punya 1, 79 kali risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit kanker paru-paru dibanding dengan  mereka yang telah menanti kian lebih 60 menit setelah bangun dari tidurnya. Sesaat itu, mereka yang merokok selama 31-60 menit sesudah bangun ternyata mempunyai 1, 31 kali risiko dibanding dengan mereka yang menanti sekurang-kurangnya selama satu jam setelah bangun dari tidurnya.

Studi kedua kembali dilakukan dengan melibatkan sejumlah 1. 055 orang yang mengalami kanker otak serta leher dan juga 795 orang yang berkebiasaan merokok namun tak menderita penyakit kanker otak serta leher. Mereka yang telah merokok kurun waktu 30 menit waktu bangun dari tidurnya mengalami 1, 59 kali risiko penyakit kanker otak dan leher dibanding mereka yang menanti satu jam. Risiko para perokok yang telah merokok 31-60 menit sesudah bangun adalah 1, 42 kali semakin besar dari pada mereka yang telah menanti sekurang-kurangnya satu jam setelah bangun tidur di pagi hari.

Maka dari itu bagi yang perokok dan sulit untuk menghentikannya. Paling tidak cegahlah sedikit demi sedikit. Khususnya jangan sampai merokok di pagi hari setelah bangun tidur. Karena kemungkinan terserang penyakit akan lebih besar daripada merokok di siang hari ataupun malam hari. Dan kalau bisa berhentilah merokok, karena selain menghabiskan uang juga bisa merusak kesehatanmu. Aneh kan ? Menghabiskan uang bukan untuk menjadi sehat. Tetapi menghabiskan uang untuk menjadi lebih tidak sehat. Itulah fakta orang merokok.